by

Solar Panel, Kelebihan dan Kekurangannya

-Teknologi, Tips-112 Views

Jaman sekarang solar panel bukan hanya digunakan untuk industri saja, tapi sudah masuk ke lini rumah tangga karena sudah banyak kontraktor solar panel yang menyediakan jasa pasang panel surya khusus untuk rumah.

Apa itu Solar Panel ?

Solar panel adalah alat yang dapat mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik sehingga dapat menghemat penggunaan listrik.

Seperti yang kita ketahui, listrik menjadi sumber tenaga yang paling penting di dalam kehidupan ini, karena secanggih apapun teknologi pasti membutuhkan sumber tenaga listrik.

Dan karena itulah hadir solar panel sebagai solusi sumber tenaga listrik yang berasal dari energi cahaya matahari yang tidak akan pernah habis.

Cara Kerja Solar Panel

Pada dasarnya solar panel memiliki cara kerja yang mampu mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.

Jadi perangkat akan mengkonversikan energi tersebut melalui inverter yang mengubah energi arus DC menjadi arus AC, sehingga energi tersebut mampu memberikan daya pada perangkat elektronik.

Kelebihan Solar Panel

Tapi sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan solar panel, ada baiknya pertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari solar panel terlebih dahulu ya.

Menghemat Biaya Pengeluaran Listrik

Pada kenyataannya memang solar panel menjadi salah satu alat yang dapat memberikan listrik secara cuma-cuma karena hanya memanfaatkan energi sinar matahari.

Jadi Anda bisa menggunakan solar panel disebagai salah satu bagian sumber tenaga listrik di rumah selain listrik pasca bayar dari PLN.

Misalnya panel tenaga surya Anda gunakan untuk memberikan energi listrik ke beberapa perangkat misal AC, kulkas atau ke perangkat lainnya sehingga pengeluaran listrik pasca bayar menjadi berkurang.

Selain itu penggunaan tenaga surya digadang-gadang menjadi salah satu energi yang ramah lingkungan.

Iklim Indonesia Cocok Menggunakan Panel Surya

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki iklam tropis yang selalu disinari matahari sepanjang tahun. Karena sistem kerja panel surya menyerap energi cahaya matahari dan diconvert menjadi energi listrik yang kemudian menyimpannya, Anda tidak perlu khawatir jika kehabisan daya energi lsitrik ketika musim hujan tiba karena energi sudah disimpan sebelumnya.

Penempatan yang mudah

atap solar panel

Untuk menempatakan solar panel, perangkat ini hanya perlu menggunakan ruang di bagian atap dan juga kemiringan atap yang sesuai dengan standar, bahkan di rumah minimalis juga bisa menggunakannya.

Di Indonesia sendiri sebagian rumah sudah menggunakan atap yang cendrung miring, jadi jika Anda sudah menggunakan atap yang miring Anda sudah bisa menggunakan solar panel.

Tapi yang perlu diperhatikan, jika rumah Anda memiliki umur cukup tua sebaiknya cek terlebih dahulu bagian atap apakah masih bisa untuk menopang solar panel atau tidak.

Mendapatkan Garansi Yang Cukup Lama

Sekarang ini kontraktor solar panel biasanya menawarkan garansi yang cukup lama bahkan bisa sampai 25 tahun penggunaan.

Tapi yang perlu Anda catat adalah solar panel membutuhkan seperti pembersihan rutin agar dapat bertahan lama terlebih perangkat ini selalu terpapar matahari dan juga hujan secara langsung.

Perawatan yang Mudah

Walaupun membutuhkan perawatan rutin, tapi tenang saja perawatan solar panel terbilang cukup mudah.

Anda juga dapat menghubungi kontraktor solar panel untuk melakukan maintenance rutin untuk membersihkan panel surya tersebut.

Selain itu ada beberapa komponen yang juga harus diganti setiap beberapa tahun, seperti pergantian inverter yang biasanya diganti setiap 10 tahun penggunaan, selain itu kabel juga harus diperhatikan karena ini juga harus menjadi perhatian penting.

Kekurangan Solar Panel

Selain kelebihannya, Anda wajib mengetahui kekurangan dari solar panel yang dipasang di rumah.

Biaya yang Mahal

Walaupun menggunakan solar panel akan menghemat pengeluaran listrik pasca bayar, tapi pemasangan awal tenaga surya membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Karena sekali pemasangan, komponen yang diperlukan meliputi inverter, kabel, baterai dan juga biaya pemasangannya itu sendiri.

Dari hasil pencarian kami, menemukan harga pemasangan solar panel rumah sebesar Rp33 jutaan untuk tanaga yang dihasilkan sebanyak 3.145 kWh per tahun atau setara 262 kWh per bulan.

Tapi biasanya dengan harga yang cukup mahal tersebut pihak kontraktor akan memberikan garansi yang lama.

Bergantung Pada Cuaca

Walaupun di Indonesia adalah lokasi strategis yang cocok menggunakan solar panel, tapi nyatanya ketika musim hujan tiba, Anda harus siap bahwa solar panel tidak akan dapat bekerja maksimal atau bahkan tidak dapat melakukan pengisian daya karena intensitas cahaya matahari yang minim.

Memakan Banyak Ruang

Walaupun hanya memerlukan atap dan kemiringannya, tapi solar panel membutuhkan banyak ruang untuk menempatkannya.

Seperti yang kita tahu, beberapa rumah pasti hanya memiliki ukuran atap yang kecil, sehingga solar panel memerlukan lokasi letak yang dapat mendapatkan intensitas cahaya penuh.

Jadi kemungkinan solar panel akan ditempatkan di halaman depan atau belakang yang membuat fungsi dan kegunaan halaman terganggu karena adanya perangkat panelnya tersebut.

Jenis Jenis Solar Panel

pemasangan solar panel

Selain mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan solar panel, Anda juga harus tahu jenis-jenis dari panel surya tersebut.

Nah untuk memperkaya pengetahuan sebelum benar-benar memutuskan menggunakan solar panel, berikut ini kami rangkum beberapa jenis panel surya yang da.

Monocrystalline Silicon

Panel surya satu ini adalah salah satu yang banyak digunakan, karena tipe ini lebih efisien dan umur pemakaian yang lebih panjang.

Sel surya yang ada dipanelnya terbuat dari kristal silikon murni yang diiris tipis dengan menggunakan mesin hingga berbentuk bundar, sel tersebut disebut “monocrystalline”.

tingkat efisien monocrystalline bisa mencapai lebih dari 20% lebih tinggi dibandingkan dengan tipe solar panel lainnya.

Tapi Solar panel tipe monocrystalline ini memiliki harga yang paling mahal karena kualitasnya juga paling terbaik.

Thin Film Solar Cell

Selanjutnya solar panel jenis Thin Film, perangkat ini menggunakan sel surya yang sangat tipis berukuran 10nm, sangat jauh lebih tipis dari crystalline silicon yang berukuran 200 – 300 nm.

Tentu saja dengan ukuran yang tipis, solar panel ini punya bobot yang ringan, kelebihannya panel surya ini tidak akan mengalami penurunan performa saat temperatur semakin tinggi, tapi kekurangannya efisiensi konversi energi thin film masih rendah yaitu hanya sekitar 10%.

Polycrystalline Silicon

Ada juga jenis solar panel bernama Polycrystalline Silicon, yang merupakan tipe panel surya yang terbuat dari batang kristal silikon yang dilebur dan dibuat berbentuk persegi.

Kelebihan dari tipe ini ada pada penyusunannya yang rapih dan juga rapat dan memiliki efisiensi mencapai 17%, dan tipe ini lebih banyak digunakan karena harganya yang relatif lebih murah.

Bagaimana Ingin Menggunakan Solar Panel?

Dari penjelasan tentang solar panel di atas apakah Anda sudah memutuskan ingin menggunakan tenaga surya di rumah?.

Jika, iya pastikan Anda sudah menyiapkan dana yang cukup dan sudah memperhatikan apakah ada ruang yang cukup untuk menempatkan panel surya tersebut di rumah Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.