by

Ragam Rumah Adat Indonesia : Ciri dan Asalnya

Ragam budaya Indonesia menjadi salah satu daya tarik wisata. Salah satu aspek yang bahkan orang Indonesia sendiri mengaguminya adalah rumah adat. Rumah adat adalah rumah khas yang mewakili suku dan budaya.

Bagi Anda yang saat ini ingin tahu lebih banyak mengenai rumah adat di Indonesia. Berikut ini kami akan membahas rumah-rumah adat Indonesia dari provinsi di Indonesia beserta cirinya. Penasaran? Simak langsung ulasannya berikut ini.

Rumah adat di pulau Sumatera

rumah adat

Kita akan memulai penjelajahan rumah khas budaya Indonesia dari pulau Indonesia yang paling selatan yaitu pulau Sumatera. Pulau Sumatera di bagi menjadi beberapa daerah. Nah tiap daerah ternyata memiliki ciri khas rumah budaya seperti berikut ini.

Aceh

rumah adat aceh

Aceh merupakan daerah salah satu daerah istimewa di Indonesia. Ini juga membuat budaya Aceh cukup mendapatkan perhatian. Nah, salah satunya dalam rumah adat Aceh yang bernama Rumah Krong Bade.

Rumah Krong Bade merupakan rumah panggung. Ia memiliki ciri memanjang dan dibuat dengan arah timur ke barat. Karena merupakan rumah panggung, rumah ini di lengkapi dengan tangga. Uniknya, tangga di Rumah Krong Bade selalu dibuat dengan jumlah ganjil, lho!

Sumatera Utara

rumah adat sumatera utara

Di Sumatera Utara rumah khas provinsi disebut dengan Rumah Bolon. Bangunan ini masih juga memiliki tipe rumah panggung dengan atap khas minang yang melengkung. Rumah ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian Jabu Bolon sebagai tempat untuk berkumpul keluarga dan Ruang Jabu Parsakitan untuk membahas masalah adat.

Sumatera Barat

rumah adat sumatera barat

Jika kita bicara rumah khas minang, salah satu rumah khas yang memiliki gambar rumah adat yang paling menarik dan mewah adalah rumah asal Sumatera Barat. Rumah ini disebut dengan rumah gadang. Rumah gadang memiliki atap melengkung dan runcing seperti rumah Sumatera utara, hanya saja ia memiliki atap yang berlapis sehingga terlihat sangat megah.

Rumah gadang merupakan salah satu rumah adat paling populer di Sumatera, hal ini disebabkan karena kemewahannya dan tentunya karena keunikannya. Ternyata atap rumah ini memiliki bentuk demikian karena filosofi tanduk kerbau yang melambangkan kemenangan.

Riau

rumah adat riau

Di Riau, kita bisa menemukan Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar sebagai rumah khas provinsi ini. Nah, dari namanya, kita bisa mendapatkan clue arti dari rumah ini. Nama nama rumah adat ini memberikan ide bahwa rumah ini memiliki 2 selasar yang sama.

Jika dilihat sekilas, bangunan rumah khas ini memang cukup berbeda dari rumah lainnya. Mengapa? Karena bangunan rumah ini dibuat dengan kesan yang cukup formal. Hal ini disebabkan karena rumah khas provinsi ini ternyata bukan rumah untuk tempat tinggal tetapi untuk acara adat.

Kepulauan Riau

rumah adat kepulauan riau

Banyak orang tidak tahu bahwa Riau dan Kepulauan Riau adalah 2 daerah yang berbeda. Jika kamu juga tidak tahu, kamu harus tahu juga bahwa keduanya memiliku rumah kebanggaan yang berlainan. Jika Riau memiliki Rumah adat Selaso Jatuh Kembar, di Kepulauan Riau Anda bisa menemukan Rumah Atap Limas Potong yang menjadi rumah khas masyarakat di sini.

Rumah adat ini memiliki keunikan karena sedikit banyak ia memiliki arsitektur rumah modern yang minimalis. Rumah ini memang terlihat lebih sederhana jika dibandingkan dengan rumah khas dari beberapa daerah sebelumnya. Akan tetapi rumah ini masih memiliki model berupa rumah limas.

Salah satu kesan minimalis dan modern dari rumah ini bisa dilihat dari pembuatan dindingnya. Dinding rumah ini dibangun dengan menggunakan kayu-kayu memanjang yang disusun secara horizontal. Inilah yang membuat rumah ini memiliki kesan yang lebih modern jika dilihat saat ini.

Jambi

rumah adat jambi

Memiliki model rumah panggung, rumah khas Jambi ini ternyata juga disebut dengan rumah panggung lho! Seperti rumah dengan model panggung lainnya, Rumah Panggung juga memiliki tangga di bagian depannya. Bagian atap atas disebut dengan Gajah Mabuk karena memiliki bentuk seperti perahu melengkung.

Bengkulu

rumah adat bengkulu

Jika di Kepulauan Riau Anda bisa melihat rumah adat di Indonesia yang sederhana, maka berbeda dengan rumah dari Bengkulu. Meski sama-sama merupakan rumah panggung, akan tetapi rumah khas Bengkulu ini dibuat dengan sangat megah.

Salah satu unsur megah dari rumah ini bisa kiat lihat dari atapnya yang berlapis. Nah, untuk namanya, rumah khas Bengkulu ini memiliki nama Rumah Bubungan Lima yang diambil dari jumlah atap yang dimilikinya.

Sumatera Selatan

rumah adat sumatera selatan

Rumah dari daerah Sumatera selatan ini bisa disebut cukup mirip dengan rumah dari pulau Jawa. Hal ini disebabkan karena bentuk atapnya menyerupai limas. Hanya saja ia memiliki gaya rumah panggung yang membuatnya berbeda dengan rumah dari Jawa. Nah, untuk namanya, rumah khas dari Sumatera Selatan ini disebut dengan Rumah Limas.

Kepulauan Bangka Belitung

rumah adat bangka belitung

Daerah Bangka Belitung bisa dikatakan memiliki rumah adat yang cukup unik. Hal ini disebabkan karena rumah ini memiliki nama Rumah Rakit. Sesuai dengan namanya, rumah ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan rakit karena dibangun di atas air.

Rumah Rakit sendiri dibangun dengan model seperti ini karena kondisi daerah Bangka Belitung yang sering digenang air. Meski memiliki model di atas air, akan tetapi Rumah Rakit memiliki ornamen yang sangat mewah dengan arsitektur Tionghoa.

Lampung

rumah adat lampung

Selanjutnya yang akan kami bahas adalah rumah khas Lampung. Rumah ini disebut dengan Nuwo Sesat. Karena masih berada di satu pulau, rumah khas Lampung juga memiliki model rumah panggung. Hanya saja tangganya dibuat menjadi 2 di bagian depan dan memiliki sisi yang dihiasi dengan ornamen khas.

Rumah adat di pulau Jawa

rumah adat

Selanjutnya kita beranjak ke pulau Jawa. Pulau Jawa adalah pulau nomor 2 yang ada di daerah paling selatan di Indonesia. Pulau ini memang termasuk kecil jika dibandingkan dengan pulau lain di Indonesia. Meski begitu, ada banyak sekali budaya di dalamnya, ini dia ulasannya.

Banten

rumah adat banten

Daerah Banten adalah daerah yang terkenal dengan salah satu suku yaitu suku Baduy. Nah, suku ini adalah suku yang hingga saat ini masih sangat jauh dari peradaban, inilah yang membuat budaya masih sangat kental di sini. Salah satunya adalah rumah adat mereka.

Daerah Banten atau lebih tepatnya suku Baduy memiliki rumah tradisional yang disebut dengan Rumah Baduy. Rumah ini tidak mewah dan megah seperti rumah adat pada umumnya. Hal ini kembali lagi disebabkan karena suku Baduy yang masih sangat jauh dari peradaban modern.

Jawa Barat

rumah adat jawa barat

Di Jawa, salah satu provinsi yang sangat besar dan banyak disebutkan adalah Jawa Barat. Jawa Barat yang identik dengan suku Sunda memiliki rumah adat yang disebut dengan Rumah Kasepuhan.

Rumah Kasepuhan adalah rumah yang sangat megah, meski tidak memiliki banyak hiasan, tetapi Rumah Kasepuhan memiliki gerbang dengan model bangunan candi. Tentu saja, hal ini disebabkan karena rumah Kasepuhan memang merupakan peninggalan Kerajaan Islam.

DKI Jakarta

rumah adat dki jakarta

Jakarta memang merupakan salah satu kota. Akan tetapi kota ini adalah kota istimewa karena merupakan ibu kota negara. Jakarta ternyata juga memiliki rumah adat lho! Hal ini disebabkan karena di Jakarta sesungguhnya memiliki suku asli yaitu suku betawi. Nah, suku betawi ini memiliki rumah adat yang disebut dengan rumah Kebaya.

Karena merupakan rumah khas dari suku betawi sudah jelas bukan bahwa corak betawi sangat kental ditemukan di sini. Salah satu ciri dari Rumah Kebaya yang sangat khas adalah area teras yang sangat luas sebagai salah satu lambang perwujudan kekerabatan yang kental.

Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur

rumah adat jawa tengah

Jawa Tengah juga merupakan salah satu daerah yang cukup populer dengan budayanya. Bahasa Jawa memang sangat unik sehingga cukup banyak dikenal. Selain dari bahasanya, hal lain yang tidak kalah menarik dari provinsi ini adalah Rumah Joglo.

Rumah Joglo adalah rumah khas provinsi Jawa Tengah yang memiliki kesan mewah. Rumah ini memiliki selasar besar, atap yang megah dan pendopo sebagai ciri khasnya. Selain memiliki bangunan yang mewah, rumah Joglo ternyata juga memiliki tiang penopang yang disebut memiliki aksen budaya kejawen.

Selain merupakan Rumah khas Jawa Tengah, ternyata rumah Joglo juga merupakan rumah khas dari Daerah istimewa Yogyakarta dan juga Jawa Timur. Ketiganya memiliki ciri yang sama dan filosofi yang sama.

Rumah adat di kepulauan Nusa tenggara

rumah adat  ntt

Setelah kita bicara mengenai rumah adat yang ada di Indonesia khususnya daerah Jawa, kini kita beralih ke kepulauan Nusa Tenggara. Daerah kepulauan ini terdiri dari beberapa provinsi yaitu Bali, NTB dan NTT. Untuk tahu rumah adat seperti apa yang akan ditemukan di sini, berikut ini adalah ulasannya.

Bali

rumah adat bali

Rumah khas Bali disebut dengan Rumah Gapura Candi Bentar. Sesuai dengan namanya, rumah ini memiliki cukup banyak ornamen mirip candi yang membuatnya terkesan mewah dan tidak ada bandingannya.

Nusa Tenggara Barat

rumah adat nusa tengara barat

Rumah khas NTB disebut dengan Rumah Dalam Loka. Rumah ini memiliki ukuran yang sangat besar dan megah. Hal ini disebabkan karena rumah ini adalah rumah yang digunakan untuk para raja.

Nusa Tenggara Timur

rumah adat nusa tengara timur

Rumah Musalaki dari NTT bukan rumah sembarangan, jika rumah adat umumnya digunakan untuk rumah tinggal atau rumah untuk upacara adat. Rumah ini digunakan untuk rumah kepala suku dan daerah setempat.

Rumah adat di Kalimantan

Kalimantan adalah pulau terbesar di Indonesia. Pulau yang awalnya menjadi sasaran pembangunan ibukota negara yang baru ini juga memiliki rumah adat dengan model panggung. Akan tetapi tiap provinsi di Kalimantan juga memiliki nama sendiri-sendiri untuk rumah khas mereka lho! Aplikasi saja?

Kalimantan Barat

rumah adat kalimantan barat

Kalimantan barat menggunakan rumah dengan model panggung untuk rumah adatnya. Akan tetapi rumah khas dari provinsi ini disebut dengan Rumah Panjang. Akan tetapi perlu kamu tahu, ternyata Rumah Panjang dari Kalimantan Barat ini memang memiliki bentuk memanjang yang sangat menawan.

Bukan hanya dari ukurannya, ternyata Rumah Panjang juga memiliki kesan yang cukup modern dan tradisional sekaligus. Hal ini disebabkan karena arsitektur modern di padukan dengan budaya Dayak sehingga menjadi sebuah bangunan yang megah.

Kalimantan Tengah

rumah adat kalimantan tengah

Rumah di Kalimantan Tengah memiliki ukuran yang sangat besar. Hal inilah yang menjadi keunikannya. Untuk nama rumahnya sendiri, rumah dari Kalimantan Tengah ini disebut dengan Rumah Betang.

Rumah ini tidak hanya dibuat dengan ukuran besar tetapi juga sangat kuat. Oleh karena itu, meski memiliki model rumah panggung, akan tetapi rumah ini sanggup menampung beban 150 orang dewasa di dalamnya.

Kalimantan Selatan

rumah adat kalimantan selatan

Dari semua rumah yang ada di Kalimantan, rumah dari provinsi Kalimantan Selatan ini bisa disebut rumah yang paling beda. Rumah ini memiliki model panggung tetapi tidak begitu tinggi. Bahkan sampai tidak terlihat.

Selain memiliki model yang cukup mirip dengan rumah umumnya, rumah dari Kalimantan Selatan ini juga memiliki atap yang unik. Atapnya dibuat tinggi kecil sedangkan di sisinya ada atap landai yang panjang. Inilah yang membuat rumah ini disebut dengan Rumah Bubungan tinggi.

Kalimantan Timur

rumah adat kalimantan timur

Untuk rumah di Kalimantan Timur namanya adalah Rumah Lamin. Seperti disebutkan sebelumnya, rumah ini memiliki gaya rumah panggung. Hal yang menarik dari rumah ini adalah ornamen suku Dayak sangat ketal bisa di rasakan di rumah ini.

Kalimantan Utara

rumah adat kalimantan utara

Kalimantan Utara juga memiliki rumah khas dengan model panggung, akan tetapi rumah ini memiliki tiang bawah yang pendek. Rumah ini memiliki banyak keunikan, salah satunya adalah rumah harus menghadap ke arah utara dan memiliki pintu utama di arah selatan. Nama dari rumah khas Kalimantan Utara ini adalah Rumah Baloy. Rumah ini juga memiliki ukuran sangat besar dan dibagi menjadi 4 area.

Rumah adat di Sulawesi

Sulawesi juga memiliki rumah-rumah dengan model panggung. Ini bisa dilihat dari beberapa daerah Sulawesi yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo dan juga Sulawesi Tenggara.

Sulawesi Utara

rumah adat sulawesi utara

Untuk rumah adat Indonesia di Sulawesi tengah, hingga saat ini Anda bisa menemukannya dengan cukup murah. Rumah ini disebut dengan rumah Walewangko. Memiliki model rumah Panggung dengan tiang-tiang yang tipis.

Gorontalo

rumah adat gorontalo

Rumah khas Gorontalo memiliki bentuk rumah panggung. Hanya saja rumah ini memiliki tiang bawah yang dibuat dari beton yang besar. Jika dilihat sekilas, Rumah ini memang terlihat sangat modern dengan tangga di kedua sisi depannya. Untuk namanya, rumah ini memiliki nama Rumah Dolohupa.

Sulawesi Tengah

rumah adat sulawesi tengah

Masih dengan gaya rumah panggung, rumah Sulawesi Tenggara yang disebut dengan Rumah Souraja ini memiliki kesan yang sederhana dan nyaman dihuni. Memiliki tangga yang menghadap ke samping di arah kanan dan kiri membuat rumah ini menjadi lebih nyaman.

Sulawesi Barat

rumah adat sulawesi barat

Rumah selanjutnya yang akan kita bahas adalah Rumah Boyang. Rumah Boyang merupakan rumah khas Sulawesi Barat. Rumah ini memiliki gaya rumah panggung dengan atap segitiga. Uninya ia memiliki bagian tiang yang di tanami batu untuk menjaga kekokohan rumah.

Sulawesi Tenggara

rumah adat sulawesi tengara

Dari semua rumah khas yang ada di Sulawesi, rumah di Sulawesi Tenggara adalah yang paling mewah. Rumah ini disebut dengan rumah Buton dan memiliki model rumah panggung. Selain memiliki model rumah panggung, rumah ini juga memiliki 4 tingkat yang digunakan untuk membedakan strata.

Rumah adat di Kepulauan Maluku

Rumah di daerah ini juga merupakan rumah yang memiliki rumah adat dengan model panggung. Ada Rumah Sasandu dan Rumah Baileo

Maluku Utara

rumah adat maluku utara

Dari Maluku Utara ada Rumah Sasandu. Rumah ini memiliki bentuk terbuka dan sangat sarat dengan budaya serta kisah hidup masyarakat suku Sahu yang mendiami area Maluku Utara.

Maluku

rumah adat maluku

Untuk daerah maluku, rumah adatnya disebut dengan rumah Baileo. Rumah ini juga memiliki bentuk panggung dengan 9 tiang dan batu pamali. Biasanya digunakan untuk tempat memuja roh.

Rumah adat di Papua

Papua dibagi menjadi 2 yaitu Papua dan Papua Barat. Meski sama-sama Papua akan tetapi kedua daerah ini memiliki budaya yang sangat beda. Bisa dilihat dari rumah adatnya.

Papua

rumah adat papua

Rumah adat Papua memiliki bentuk seperti rumah biasa dengan bagian atap melengkung mirip setengah bola yang agak mengerucut. Gambar rumah adat di Indonesia ini bisa di temukan dengan mudah karena rumah ini memang sangat populer.

Untuk namanya, nama rumah ini adalah dengan rumah Honai. Rumah ini dibuat dengan pendek untuk membuat penghuni di dalamnya merasa lebih nyaman karena hangat.

Papua Barat

rumah adat papua barat

Beda dengan Papua, rumah di Papua Barat memiliki bentuk seperti rumah panggung. Hanya saja rumah ini dibuat dengan menggunakan kayu-kayu kecil yang jumlahnya sangat banyak. Rumah dari masyarakat Papua barat memang lebih didominasi bahan-bahan alam karena lebih mudah untuk didapatkan.

Memang sangat kaya bukan budaya kita, jadi jika kamu diminta untuk sebutkan lima jenis rumah adat di Indonesia. Sekarang sudah tidak bingung lagi bukan?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.