by

Warna Salem : Pengertian, Jenis, Perpaduan dan Pengaruhnya di Dalam Rumah

Tentu warna salem tidak asing bagi Anda bukan? Warna yang masuk ke dalam kelompok warna pastel ini banyak diterapkan pada fashion wanita dan interior rumah. Karena dikelompokkan ke dalam warna pastel, banyak orang menyebutnya dengan warna salem pastel.

Warna salem tercipta dari perpaduan warna merah dan oranye. Dalam bahasa Inggris, warna ini disebut dengan salmon color disebabkan warnanya yang menyerupai warna daging ikan salmon. Ketika diterapkan pada fashion wanita, kesan manis dan cantik sangat terasa.

Saat diterapkan pada interior rumah, misalnya digunakan sebagai warna dinding, akan menghadirkan kesan hangat dan elegan. Oleh karena itu, warna ini lebih sering digunakan pada ruang tamu, ruang keluarga, serta kamar tidur.

Baca juga: Trend Warna Rumah Kontemporer Tahun 2022.

Mengenal Seperti Apa Warna Salem Itu

Warna salem mampu menghadirkan kesan yang menyenangkan ketika diterapkan pada fashion dan interior rumah. Jika diperhatikan sekilas, warna tersebut memiliki kemiripan dengan sebagian warna terang lainnya, misalnya warna peach ataupun warna coral. Itulah sebabnya kenapa warna ini juga disebut dengan warna peach salem.

Ketiga warna di atas memang memiliki kesamaan dari segi pencampuran warna yang di dalamnya terdapat warna merah muda dan oranye. Hanya saja, besaran campuran warna tersebut berbeda-beda, sehingga warna akhir yang dihasilkan juga berbeda-beda.

Warna salem sendiri terbagi menjadi 3, yaitu warna salem tua/gelap (dark salmon), warna salem muda/terang (light salmon), dan salem pink (pink salmon).

Jenis-jenis Warna Salem

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya di atas, warna salem terbagi menjadi 3. Masing-masing dari ketiga jenis warna tersebut memiliki karakter warna tersendiri. Berikut detailnya :

Warna Salem Muda (Light Salmon)

warna salem muda

Warna yang satu ini termasuk jenis paling lembut dari warna-warna salem lainnya. Jenis warna yang satu ini lebih sering diterapkan pada produk fashion, desain grafis, dan yang lainnya. Selain itu, warna ini juga biasa diterapkan pada ornamen sablon bercorak khusus agar keindahannya semakin bertambah.

Warna Salem Tua (Dark Salmon)

warna salem tua

Warna salem yang satu ini merupakan kebalikan dari warna pertama di atas. Meskipun warna merah mudanya lebih dominan, namun nuansa orange juga tetap pekat. Jenis warna yang satu ini juga sering diterapkan pada produk fashion dan interior rumah.

Warna Salem Pink (Pink Salmon)

warna salem merah muda

Di bandingkan dua jenis warna salem sebelumnya di atas, jenis warna yang satu ini paling mirip dengan daging ikan salmon segar. Warna ini lebih sering diterapkan pada produk fashion saja, khususnya yang berkaitan dengan fashion wanita.

Apa Hubungannya Warna Salem dengan Warna Pastel?

Perlu diketahui bahwa warna salem termasuk dalam kelompok warna pastel. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang sering keliru ketika melihat warna salem dan menyangkanya sebagai warna pastel.

Warna pastel sering digunakan pada produk fashion wanita karena menghadirkan kesan cantik dan indah. Demikian pula halnya dengan warna salem, terlebih lagi karena warna ini merupakan perpaduan dari warna merah dan oranye.

Saat ini banyak produk wanita seperti tas, baju, sepatu, pakaian muslimah, dan lain-lain yang menggunakan warna pastel dan warna salem sebagai warna utamanya. Alasannya jelas, karena kedua jenis warna tersebut menjadikan pandangan mata betah berlama-lama melihat produk-produk tersebut karena keindahan dan kecantikan yang ditampilkannya.

Pengaruh Warna Salem di Dalam Rumah

Banyak orang beranggapan kalau warna salem memang cocok digunakan pada fashion wanita. Oleh karena itu, para wanita sering menerapan warna salem dengan warna lain pada pakaian yang dikenakannya.

Namun mereka masih ragu jika warna salem tersebut ingin diterapkan di dalam rumah. Banyak yang beranggapan kalau warna tersebut tidak cocok diterapkan, khususnya di bagian eksterior rumah.

Tentu saja anggapan tersebut keliru, karena warna salem justru cocok diterapkan di rumah, khususnya fi bagian interior rumah. Penggunaan cat dinding berwarna salem di ruang tamu contohnya, kesan segar dan menyenangkan akan terasa betul pada ruang tamu yang menggunakan warna salem.

Warna yang Cocok Dipadukan dengan Warna Salem

Jika ada yang bertanya, warna salem cocok dengan warna apa? Jawabannya banyak. Sebab,warna tersebut bisa dipadukan dengan berbagai jenis warna tertentu sehingga menghasilkan kesan tertentu. Berikut ini beberapa contoh perpaduan warna yang cocok :

  • Salem + putih : Menghasilkan kesan manis dan lembut.
  • Salem + abu-abu : Menghasilkan kesan elegan.
  • Salem + Merah Muda : Menghasilkan kesan ceria.
  • Salem + Nude : menghasilkan kesan kalem.
  • Salem + Merah Tua : Menampilkan kesan feminim.
  • Salem + Floral : Menghasilkan kesan yang lebih berwarna dan ceria.
  • Salem + Hitam : Menghasilkan kesan elegan.
  • Salem + Biru Muda : Menghasilkan kesan simpel dan minimalis.

Selain perpaduan warna yang disebutkan di atas, tentu saja masih ada beberapa perpaduan warna salem dengan warna-warna lainnya yang tidak sempat disebutkan di sini.

Contoh Inspirasi Penggunaan Warna Salem Pada Hunian

Agar lebih tergambarkan sejauh mana pengaruh warna salem yang dipadukan dengan warna-warna lain pada hunian, di bawah ini akan saya sebutkan beberapa contoh warna salem yang menggunakan perpaduan warna yang tepat.  

Ruang Keluarga dan Ruang Anak

ruang keluarga warna salem

Ruang keluarga merupakan tempat anggota keluarga berkumpul dan bercengkrama di waktu-waktu santai. Oleh karena itu, perpaduan warna yang diterapkan pada dinding dan furniturenya harus benar-benar tepat agar setiap anggota keluarga merasa nyaman saat berada di dalamnya.

Demikian pula dengan ruang anak, di mana anak tinggal dan bermain di dalam ruangan tersebut. Agar anak merasa nyaman berada di dalamnya, tentu kombinasi warna yang tepat juga sangat diperlukan.

Di antara kombinasi warna yang cocok adalah warna salem dan beige. Perpaduan kedua warna tersebut memberikan kesan klasik namun menenangkan.

Kamar Tidur

kamar tidur salem pink

Kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang memiliki fungsi penting di dalam rumah, yaitu untuk beristirahat. Selain itu, kamar tidur merupakan ruang privacy bagi suami istri. Oleh karena itu, suasana di dalam kamar tidur harus dibuat senyaman mungkin.

Salah satu perpaduan warna yang tepat untuk diterapkan di dalam kamar tidur adalah warna salem dan putih. Perpaduan kedua warna tersebut akan memberikan kesan segar dan nyaman.

Ruang Santai

Ruang santai juga termasuk salah satu ruang penting di dalam rumah. Agar terasa nyaman dan lebih menenangkan, pastikan perpaduan warna yang digunakan betul-betul tepat. Di antaranya warna yang bisa digunakan adalah warna salem yang dipadukan dengan warna abu-abu, hitam, dan putih.

Kamar Mandi

Jika Anda bosan dengan penampilan kamar mandi yang monoton, Anda bisa merubah warnanya dengan warna salem. Cobalah mengecat keramik kamar mandi dengan warna salem, agar nuansa kamar mandi terasa lebih unik dan modern.

Bagaima Tertarik dengan Warna salem?

Demikianlah ulasan mengenai warna salem dan hal-hal penting lainnya terkait warna tersebut, termasuk hasil perpaduan warna salem dengan warna lainnya pada hunian. Selain contoh perpaduan warna di atas,  tentu saja masih banyak lagi contoh-contoh lainnya yang tidak sempat disebutkan kali ini.

Anda juga bisa mendapatkan inspirasi terkait warna lainnya seperti warna hijau dan juga broken white yang sudah kami bahas beberapa waktu lalu.

Atau Jika Anda membutuhkan jasa desain rumah, Anda bisa menghubungi tim jasa Tiperumah.id kami akan menemani Anda memulai perencanaan membangun rumah impian.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.