by

Kenali Tanaman Wijaya Kusuma, Mitos, Fakta, Manfaat Sekaligus Perawatan

Sekarang ini banyak sekali jenis bunga yang bisa anda pelihara di rumah. Salah satunya tentu saja bunga kusuma wijaya. Tentu saja bunga tersebut menghadirkan tampilan yang indah dan memukau. Menanam tanaman bunga tersebut di rumah bukanlah hal yang sulit dilakukan. Apalagi bagi anda yang hobi menanam bunga. Menjadikan rumah semakin indah tampilannya memang perlu dilakukan.

Tanaman wijaya kusuma merupakan salah satu jenis tanaman dengan sebuah daya tarik tersendiri. Bagi anda pecinta tanaman sudah pasti menyukainya. Jika anda menanamnya di rumah pasti tampilan rumah semakin indah dan menarik. Tentu saja menanam bunga juga perlu melakukan perawatan ekstra supaya hasilnya bagus.

Siapa sangka dibalik kecantikannya ini ternyata bunga tersebut memiliki beberapa mitos menarik. Bunga tersebut seringkali memperoleh sebutan sebagai ratu malam. Dimana bunga ini hanya akan mekar wangi saat malam hari saja. Bahkan hadir pula beberapa spesies bunga yang mekarnya hanya setahun sekali saja. Bunga ini terbilang langka sekali sehingga keberadaannya sangat dicari.

Mengoleksi tanaman hias tentu tidak harus dengan harga mahal. Dimana tanaman jadul sekalipun ternyata masih saja terlihat indah bahkan pantas sekali dikoleksi. Bunga wijaya kusuma kini menarik perhatian banyak orang berkat tampilannya. Bagian tulang daunnya saja mempunyaipola layaknya kerangka ikan. Apabila anda memperhatikannya dengan seksama pasti bakalan menemukan bentuk daun zig zag.

Jadi wajar saja jika bunga tersebut memperoleh julukan zig zag cactus. Bentuk daunnya saja bergerigi dengan teskturnya yang kasar dan juga tebal. Warna hijau yang berada pada daunnya menjadikan tanaman tersebut kelihatan lebih segar. Tanaman wijaya kusuma ini sebetulnya berasal dari Meksiko bahkan hidupnya berada pada lingkungan hutan tropis yang terkesan lembab. Sedangkan di Indonesia bunga tersebut masih terbilang langka.

Simak mitos dan fakta menarik dari bunga jaya kusuma

Tanaman Wijaya Kusuma (1)

Memiliki rumah sendiri pastinya mampu memberikan sebuah kebebasan bagi anda mendekorasinya seindah mungkin. Salah satunya tentu bisa dilakukan dengan menanam tanaman wijaya kusuma. Bunga tersebut menjadisalah satu pilihan yang terbaik agar tampilan rumah semakin indah. Bunga ini merupakan tanaman jenis sukulen dengan daun panjang bahkan bentuk zig zag layaknya tulang ikan.

Di Indonesia ternyata tanaman tersebut sekarang ini mulai populer. Konon asalnya dari Kabupaten Cilacap. Tetapi kini tanaman ini mudah sekali kita temukan pada daerah dengan iklim tropis. Bagi anda yang tertarik untuk menanamnya. Jangan merasa khawatir karena bunga ini mudah sekali perawatannya.

Dalam sejarah yang ada ternyata wijaya kusuma bunga ini menjadi salah satu jenis bunga langka dan juga unik. Sebutannya saja bunga kejayaan. Dimana bunga tersebut memiliki beragam mitos sekaligus fakta yang menarik. Mungkin sudah banyak yang merasa penasaran akan pembahasan yang satu ini.

Mitos menarik dari bunga wijaya kusuma

Tanaman Wijaya Kusuma

Setiap bunga yang terbilang unik dan langka kebanyakan memiliki mitos tersendiri. Seperti halnya bunga wijaya kusuma ini. Dari pada merasa penasaran akan beragam mitosnya. Lebih baik simak ulasan berikut ini:

Bunganya para raja dan ratu

Zaman dahulu kala ternyata kembang joyokusumo ini semakin tersohor namanya karena menjadi bunga favoritenya para raja dan juga ratu. Bukan hanya warna sekaligus kelopak yang Nampak elegan. Ternyata bunga tersebut masuk dalam spesies langka. Para raja yang ingin mendapatkan bunga tersebut perlu bepergian jauh dalam hutan agar mampu memetiknya.

Bunga ini nantinya bakalan dijadikan sebagai hadiah paling romantis untuk sang ratu. Dikatakan sebagai tanaman langka karena kerajaan zaman dahulu yang mempunyai bunga tersebut termasuk kerajaan makmur.

Tanaman wijaya kusuma asli Indonesia?

Mungkin kebanyakan orang sudah mengira jika bunga joyo kusumo ini berasal dari Indonesia. padahal sebetulnya bunga tersebut asalnya dari Venezuela, Amerika Selatan. Bunga tersebut konon mampu bertahan hidup pada cuaca yang paling panas sekalipun. Konon bunga ini dibawa seorang pedagang China menuju Indonesia melalui jalur laut saat zaman kerajaan Majapahit. Menariknya zaman dahulu kala, bagi siapapun orangnya yang menemukan bunga tersebut saat tengah malam. Maka ia bakalan segera mendapatkan anak.

Tanaman pembawa keberuntungan

Tanaman wijaya kusuma ini tidak hanya terkenal mampu membawa sebuah kemakmuran pada keluarga. Tetapi juga mampu mendatangkan keberuntungan. Mitos tersebut berasal dari makna bunganya dimana bunga ini mempunyai makna kemenangan. Jika kita mengartikannya secara menyeluruh maka memiliki arti kemenangan mutlak bagi seorang raja.

Jika seseorang mampu melihat bunga wijaya kusuma ini mekar saat malam hari. Maka ia bakalan memperoleh sebuah keberuntungan. Baik itu keberuntunga rezeki beruntun seperti halnya seorang bangsawan.

Mampu mengangkat derajat seseorang

Mitos lain dari bunga wijaya ini tak lain mampu tingkatkan derajat orang. Seperti halnya yang sudah kita ketahui tadi jika bunga ini merupakan bunganya para raja dan ratu. Jadi siapa pun yang menanam bunga tersebut di rumah maka derajat mereka bakalan terangkat layaknya raja dan ratu. Bahkan wibawa seseorang yang mempunyai bunga kusuma wijaya ini bakalan bersinar. Tak sedikit dari mereka suka membawa pulang bunga tersebut untuk menarik jodoh.

Menjadi bunga mistis

Dari semua mitos yang sudah ada, ternyata tidak semuanya mendatangkan sebuah sebaikan. Terkadang ada juga mitos bunga kusuma bakalan menjadikan pemilik rumah merasa ketakutan dan merinding. Bunga tersebut memang sering disebut dengan ratu malam sebab mekarnya saat tengah malam. Sebagian orang menamakannya sebagai bunga pembawa rezeki. Siapa sangka bunga malam tersebut katanya menjadi tanaman hias kesukaannya Ratu Selatan.

Masyarakat Jawa pun percaya akan hal itu. Bahkan di Cilacap, Jawa tengah bunga tersebut asal usulnya pun juga erat kaitannya dengan ilmu gaib. Sebuah legenda mistis yang telah hadir menceritakan tentang seorang putri yang melarikan diri menuju Pantai Selatan. Ia pergi agar mampu menghindari sebuah acara pernikahan tanpa keinginannya. Supaya hati merasa tentram maka sang putri pun lebih memilih terjun dalam laut. Konon ia menikah dengan sosok gaib. Anaknya terlahir cacat sehingga penggambaran sosoknya itu berada pada kelopak dari bunga wijaya kusuma ini.

Fakta menarik dari bunga wijaya kusuma

Tanaman Wijaya Kusuma

Dibalik beberapa mitos yang sudah hadir ternyata ada pula fakta terkait bunga sriwijaya ini. Bunga tersebut merupakan salah satu jenis tanaman dengan bunga yang begitu harum bahkan mekarnya pada waktu yang begitu singkat. Seseorang mampu melihat kuncup bunga tersebut mulai terbuka ketika masuk sore hari.

Dimana bunga wijaya kusuma ini bakalan bermekaran indah saat malam harinya. Mulai dari jam 11 malam dan menjadi layu setelah masuk pukul 2 dini hari. Periode mekar bunga yang terbilang begitu singkat ini mampu menjadikan buga tersebut terkesan unik bahkan disukai para pecinta tanaman.

Mampu melihat bunga bermekaran saat malam hari dalam waktu singkat merupakan kesempatan luar biasa. Bahkan hal tersebut tidak bakalan anda temukan pada jenis bunga yang lainnya. Inilah mengapa pohon wijaya kusuma semakin dicari banyak orang.

Mengetahui beragam manfaat bunga wijaya kusuma

Setelah mengetahui beragam hal menarik mengenai bunga wijaya kusuma. Baik itu karakteristiknya, mitos bahkan faktanya. Ternyata bunga tersebut juga begitu populer sekali akan manfaatnya. Pastinya banyak orang merasa penasaran akan manfaat dari bunga wijaya kusuma ini. Dari pada penasaran sebaiknya simak ulasan berikut:

Mampu obati bisul

Akankah anda pernah mengalami bisul yang begitu sakit? Jika memang demikian sebaiknya mencoba pergunakan bunga kusuma wijaya ini. Dimana anda bisa meramunya dengan cara sangat mudah sekali. Anda hanya perlu mengambil sekitar 10 lembar gram bunganya kemudian giling sampai benar halus. Jangan lupa menambahkan sedikit saja air pada gilingan bunga tadi sampai benar menjadi bubur. Setelah itu oleskan campuran tadi pada bagian bisulnya secara rutin hingga benar menghilang.

Mampu atasi penyakit radang tenggorokan

Mungkin banyak pula diantara anda yang mengalami sebuah gangguan pada bagian tenggorokan. Seperti halnya batuk ataupun radang tenggorokan. Kali ini anda pun bisa mengobatinya menggunakan ramuan yang berasal dari bunga wijaya kusuma. Dimana anda hanya perlu merebsu sekitar 5 kuntum bunga kemudian saring saja airnya. Jika sudah dingin baru anda bisa mengkonsumsi air rebusan tadi sampai benar habis. Ulangilah cara tersebut sampai radangnya mereda.

Mampu obati nyeri lambung

Salah satu manfaat menarik dari kembang jaya kusuma tentu saja mampu atasi penyakit nyeri lambung. Dimana penyebab utama penyakit tersebut karena terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung pedas ataupun asam. Bunga wijaya kusuma ini mempunyai rasa sejuk seperti mint bahkan mempunyai Ph yang terbilang netral.

Agar mampu memperoleh manfaatnya maka anda hanya perlu merebus bunga tersebut sebanyak 5 kuntum saja. Jika sudah sebaiknya anda menyaring air rebusannya. Air rebusan yang telah dingin di minum secara rutin supaya nyeri lambung semakin mereda hingga perut pun kembali terasa nyaman.

Mampu obati penyakit asma

Asma adalah salah satu jenis penyakit yang mampu menganggu pernapasan bahkan penderita penyakit tersebut bakalan mengalami kesulitan dalam bernapas. Usahakan anda mempergunakan bunga wijaya kusuma ini sebagai air minuman infused yang mampu redakan penyakit asma. Caranya sangat mudah sekali hanya dengan mengambil 5 kuntum bunga. Cuci kemudian potong jai bagian kecil. Masukkan saja potongan bunga tadi dalam air kemudian campurkan dengan gula batu. Masukkan air infused ini dalam wadah selama kurang lebih dua jam. Jika sudah maka anda pun bisa mengkonsumsinya.

Mampu obati luka

Kali ini anda pun bisa juga memanfaatkan bunga wijaya kusuma ini untuk mengobati luka bagian luar tubuh. Saat kulit terluka usahakan segera menempelkan bunga wijaya agar lukanya tadi cepat mongering. Caranya hanya perlu menumbuk bunga wijaya kusuma kemudian oleskan saja pada bagian lukanya.

Mampu obati pendarahan rahim

Siapa sangka ternyata tanaman bunga wijaya kusuma ini juga mampu mengatasi pendarahan rahim. Cara yang perlu anda lakukan sangatlah mudah sekali. Cukup dengan merebus 3 kuntum saja bunga. Jika sudah minumlah air rebusannya secara teratur supaya proses penyembuhan semakin cepat.

Mampu obati penyakit TBC

Jenis penyakit yang satu ini terbilang lama sekali penyembuhannya. Dimana anda perlu mengkonsumsi obat tanpa harus terputus. Menariknya kali ini anda pun bisa mempergunakan bunga wijaya untuk mengatasi penyakit tersebut. Caranya mudah sekali untuk dilakukan. Dimana anda hanya perlu merebus 5 kuntum bunga dalam 3 gelas air. Jangan lupa tambahkan juga gula aren sekutar 15 gram. Rebuslah sampai airnya hanya tersisa 1 gelas saja. Kemudian saring air rebusannya. Jika sudah tentunya anda bisa konsumsi air rebusan tadi selama kurang lebih 2 hari.

Mampu hilangkan bau badan

Jika anda memiliki bau badan yang tidak enak tentu saja merasa kurang percaya diri. Siapa sangka kali ini ternyata bunga wijaya kusuma bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan bau badannya. Cara yang bisa anda lakukan hanya perlu berendam atau mandi menggunakan air rendaman bunga wijaya kusuma ini. Dari pada penasaran sebaiknya anda mencobanya sendiri di rumah.

Mampu atasi jerawat

Masalah jerawat memang sangat mengganggu sekali hingga rasa percaya diri pun semakin berkurang. Bunga kusuma wijaya memang memiliki kandungan anti mikroba yang mampu memberikan bantuan dalam melawan bakteri penyebab jerawat. Caranya mengambil manfaatnya begitu mudah dilakukan. Anda hanya perlu menumbuk 2 kuncup bunga wijaya kusuma ini bersama dengan 1 potong kecil lidah buaya.

Jika sudah sebaiknya anda masukkan bunga tersebut dalam wadah kemudian tumbuk. Ambil saja gel dari potongan lidah buaya kemudian masukkan juga dalam tumbukan bunga wijaya kusuma. Haluskan saja kedua bahan tersebut. Jika memang sudah sebaiknya oleskan campuran tadi pada bagian wajah yang sudah berjerawat. Usahakan melakukannya sebanyak 3 kali dalam sehari supaya cepat memperoleh hasilnya.

Itulah tadi berbagai macam manfaat menarik dari bunga wijaya kusuma yang patut anda ketahui. Dimana tanaman hias ini sekarang menjadi incaran banyak orang. Bukan hanya tampilan bunganya yang menarik namun banyak terkandung hal unik dalam bunga tersebut. Wajar saja jika peminat tanaman wijaya kusuma ini semakin bertambah banyak.

Tips terbaik merawat bunga wijaya kusuma

Tanaman wijaya kusuma ini memang masuk dalam kategori kaktus. Namun tanaman tersebut berbeda sekali dengan kaktus pada umumnya. Supaya anda mampu melakukan perawatan bunga dengan baik. Alangkah baiknya mengikuti beragam tips menarik yang sudah tersedia. Dengan mengikuti beberapa tips tersebut pastinya bunga pun bakalan bermekaran dengan indah saat malam hari.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika tanaman tersebut layaknya tanaman kaktus. Maka tanaman bunga wijaya kusuma ini juga butuh asupan air lebih banyak. Hal ini tak lain supaya tanahnya tetap dalam kondisi lembab. Namun anda juga perlu memperhatikan satu hal. Jangan sampai menyiramkan air dalam jumlah banyak sampai memenuhi potnya. Hal tersebut justru mampu menjadikan bunga wijaya kusuma busuk.

Tanaman bunga wijaya kusuma ini sangat dianjurkan agar tidak terkena sinar matahari langsung. Dimana daunnya nanti bisa menjadi kering karena tidak tahan akan cahaya sinar matahari. Bunga wijaya ini juga perlu anda berikan pupuk rutin. Tetapi saat bunganya sudah mulai berkembang, anda pun tidak perlu lagi memberinya pupuk.

Itulah tadi sekilas penjelasan menarik mengenai tanaman wijaya kusuma yang patut anda ketahui. Dimana semua ulasan yang sudah tersedia tersebut pastinya mampu memberikan banyak wawasan pada anda terkait bunga tersebut. Apalagi bunga ini juga menjadi bunga langka dengan tampilan indah. Mampu memelihara bunga ini di rumah seakan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Usahakan melakukan perawatan dengan baik pada bunga tersebut supaya nantinya mampu bermekaran dengan indah. Merawat bunga yang terbilang mudah pasti bisa dilakukan oleh siapapun. Apalagi anda sudah mengetahui cara terbaik merawat bunga tersebut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.