8 Desain Home Office: Untuk Menciptakan Ruang Kerja yang Nyaman dan Produktif

Bekerja akan lebih nyaman jika ruangan kerja juga tertata rapi dan sesuai dengan penempatannya. Untuk itu saya akan jabarkan beberapa ide desain home office sebagai inspirasi sobat agar mendapatkan suasana kerja di rumah yang nyaman.

Dengan ide Home Office ini, ciptakan ruang kerja dari rumah yang membantu sobat merasa kreatif, terinspirasi, dan produktif.

desain home office nuansa biru
Photo : Huseyn Kamaladdin

Apa itu Home Office ?

Home Office adalah ruang kerja khusus di rumah, membantu sobat menyisihkan gangguan rumah tangga dan fokus pada pekerjaan.

Hal-hal penting di dalam Interior Home Office meliputi meja, kursi, komputer atau laptop, kapabilitas internet, dan perangkat lunak yang memadai seperti Zoom untuk terhubung dengan rekan kerja yang juga bekerja dari jarak jauh.

Home office dapat menjadi pilihan yang menguntungkan bagi banyak orang, terutama saat pandemi ini yang menyebabkan banyak orang harus bekerja dari rumah. Namun, bekerja dari rumah juga dapat menimbulkan beberapa masalah seperti gangguan dari lingkungan rumah, kesulitan untuk fokus, dan kurangnya interaksi sosial.

Home office yang tenang dan nyaman sangat penting untuk kesejahteraan mental dan produktivitas Sobat saat bekerja dari rumah. Salah satu cara untuk mencapai kondisi tersebut adalah dengan menata interior Home Office Sobat dengan baik.

Nah dibawah ini kita ada beberapa tips dan ide desain untuk home office yang akan menciptakan ruang kerja nyaman dan bekerja jadi lebih produktif.

Desain Home Office dengan Aksen Hitam dan Putih

5a4197f6ed097ca01aeb5d7f660f5f26
https://id.pinterest.com/pin/136093219983903887/

Klasik, mudah dikenakan, dan latar belakang sempurna yang serbaguna dan menarik. Hitam dan putih adalah skema warna yang selalu keren dan trendi.

Sangat menarik bagaimana orang yang berbeda memandang gagasan palet warna hitam dan putih dalam mode yang sangat berbeda.

Untuk beberapa hal itu hanya menghilangkan kemiripan warna dari ruangan dan untuk yang lain menambahkan dua warna terkuat dan paling elegan di sekitar! Terlepas dari sisi mana Sobat jatuh, daya pikat belaka dan kelas bersahaja dari skema warna hitam dan putih tidak dapat disangkal.

Monocrhomatic White

26061d2e0c4040ee2d8be16c1cf2737f
https://id.pinterest.com/pin/277464027034140058/

Kantor serba putih itu berkelas, dan ramah. Memilih tampilan ini untuk kantor rumahan monokromatik memiliki keuntungan tersendiri.

Ini benar-benar bisa menjadi tempat nyaman yang penuh kehangatan dan inspirasi jika Sobat melengkapinya dengan furnitur yang tepat dan mendekorasi dengan cerdas.

Jangan mengelompokkannya terlalu banyak dan gunakan dekorasi dengan berbagai bentuk, ukuran, dan bahan (seperti bingkai foto, bantal karpet) untuk menciptakan sudut nyaman yang akan Sobat nikmati.

Memilih Skema Warna yang Memperkuat

3d8692628de3b7dc620017048246ea0f
https://id.pinterest.com/pin/780107966717482397/

Palet warna yang langsung menarik perhatian kita saat memasuki interior. Rumah kantor yang dihias dengan warna-warna energik seperti merah, kuning, dan jingga atau pasangan warna pelengkap (merah dan hijau, biru dan jingga, kuning dan ungu) sangat aktif dan artistik.

Seringkali, detail dekoratif membawa warna energik ke ruang interior, sedangkan dinding dan furnitur berwarna netral atau diwarnai dengan warna santai seperti biru, dan hijau. Skema warna biasa terdiri dari dua hingga tiga warna yang selaras satu sama lain dan menghadirkan kegembiraan pada interior ruang kerja rumah.

Maximalkan Pencahayaan pada Home Office kalian

5edd7fe869a1d51da9730f7d653e7ea6
https://id.pinterest.com/pin/306385580910496989/

Pencahayaan home office sangat penting untuk ruang kerja yang efektif. Pertimbangkan beberapa sumber untuk membuat pencahayaan berlapis yang dapat Sobat sesuaikan tergantung bagaimana ingin menggunakan ruang tersebut.

Gunakan lampu untuk cahaya lembut yang menyebar, lampu sorot untuk sesuatu yang lebih fokus, dan lampu dinding atau lampu langit-langit tunggal untuk cahaya yang lebih menyeluruh.

Tambahkan Dekorasi Dinding

f7a7620708a87f1edb36c177cbabc723
https://id.pinterest.com/pin/377809856258929182/

Dinding galeri adalah salah satu cara favorit untuk mendekorasi Home Office. Dinding ini menambahkan nada tekstur, warna, dan daya tarik pada ruangan serta membuatnya terasa lebih pribadi dan hidup.

Lihat bagaimana karya seni kelas atas dan kelas bawah menghiasi dinding ungu ruang kerja. Mereka berasal dari toko barang bekas dan juga galeri, menciptakan campuran kolektor yang disengaja yang sempurna untuk kantor rumahan tradisional ini.

Keuntungan Menggunakan Rak Buku

b4832d29b6ac2427d306ec0a5875b79e
https://id.pinterest.com/pin/167829523606280897/

Rak buku memberikan rasa organisasi untuk buku dari segala bentuk dan ukuran, tetapi juga dapat menyediakan ruang untuk barang-barang lain seperti bingkai foto, dekorasi, atau memorabilia yang ingin Sobat pamerkan.

Mereka datang dalam berbagai bentuk dan ukuran sendiri. Misalnya, Sobat dapat menggunakan rak gantung di dinding atau menggunakan rak buku tradisional.

Campur Dengan Furnitur Non-Kantor

f615a34949873863d79a35a7e991b27c
https://id.pinterest.com/pin/445856431871139341/

Jangan hanya terpaku pada perabot untuk kantor , bawalah barang-barang yang mencerminkan gaya pribadi Sobat juga. Penyimpanan biasanya merupakan cara terbaik untuk melakukan ini, temukan barang bekas yang dapat digandakan sebagai penyimpanan koper antik, biro antik, atau lemari tua semuanya akan menambah daya tarik sambil tetap melayani tujuan.

Tetap Simple dan Stylish 

3fa8cd8393178024a750a9dd7c5d5b6c
https://id.pinterest.com/pin/844493671311508/

Terkadang yang Sobat butuhkan hanyalah meja dan kursi untuk dapat menyebut ruang sebagai kantor pusat.

Jadi sederhanakan saja, pilih meja yang Sobat sukai dan kursi yang sesuai dengan ruang lalu letakkan di mana saja di rumah yang masuk akal. Letakkan di tempat yang Sobat pilih dengan menggantung beberapa karya seni dan tentu saja vas bunga yang indah.

Baca juga: Vintage : Arti, Karakter, dan Keuntungan Rumah Desain Jaman Dulu

Tips Membuat Home Office Yang Nyaman

Setelah Sobat mengetahui beberapa ide desain Home Office yang membuat pekerjaan menjadi lebih produktif, berikut adalah tips untuk membuat home office yang nyaman tapi menyesuaikan dengan buget yang sobat miliki.

Temukan Lokasi yang Tepat

Pertama, temukan lokasi yang tepat untuk home office Sobat. Pastikan lokasi tersebut cukup tenang dan tidak terganggu oleh suara atau aktivitas lain. Pilihlah lokasi yang memiliki cahaya alami yang cukup, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan mata dan konsentrasi.

Pilih Furnitur yang Sesuai

Pilihlah meja dan kursi yang nyaman dan sesuai dengan tinggi badan. Pastikan meja dan kursi memiliki desain ergonomis yang baik, sehingga dapat membantu mencegah sakit punggung dan leher. Pilihlah lampu yang memiliki cahaya yang baik dan tidak membuat mata lelah.

Atur Tata Letak yang Baik

Atur tata letak ruang kerja dengan baik. Letakkan meja dan kursi sedemikian rupa sehingga dapat memastikan cahaya alami yang cukup dan aliran udara yang baik. Jangan lupa untuk memasang pendingin ruangan atau kipas angin untuk memastikan suhu ruangan tetap nyaman.

Sediakan Perlengkapan Kantor yang Memadai

Sediakan perlengkapan kantor yang memadai, seperti komputer, printer, telepon, dan alat tulis. Pastikan semua peralatan tersebut berfungsi dengan baik dan siap digunakan setiap saat.

Buat Suasana yang Nyaman

Buat suasana yang nyaman dengan menambahkan aksesori, seperti poster, tanaman, atau benda-benda yang menimbulkan suasana yang positif. Pilihlah warna-warna yang menenangkan dan dapat membantu memperbaiki suasana hati.

Akhir Kata

Dengan mengikuti tips di atas, Sobat dapat menata interior Home Office dengan baik dan menciptakan suasana yang tenang dan nyaman untuk bekerja. Ini akan membuat Sobat lebih produktif dan sejahtera secara mental dan emosional saat bekerja dari rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *