by

8 Tips Hemat Membangun Rumah Impian

Dibenak setiap orang pasti punya cita-cita untuk mempunyai rumah impian, entah itu membeli yang sudah jadi atau melakukan renovasi agar bisa mewujudkannya.

Tapi membangun rumah yang sesuai dengan impian bukan perkara mudah, apalagi dengan buget yang terbatas sehingga Anda harus hemat dalam membangun rumah tersebut menjadi nyata.

Tapi dengan dana yang terbatas bukan berarti Anda tidak bisa memiliki rumah impian, Anda bisa kok menjadikannya menjadi nyata dengan cara menghemat dalam membangun rumah.

Untuk itu Tiperumah.id akan memberikan tips hemat membangun rumah impian sehingga Anda bisa lebih meminimalisir pengeluaran.

Rumah Impian Perlu Rencana Pembangunan

Rencana membangun Rumah impian

langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membuat perencanaan pembangunan, ini adalah salah satu hal yang penting sebelum membangun, karena dengan perencanaan Anda bisa mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk mewujudkan rumah impian tersebut.

Perencanaan pembangunan adalah daftar keperluan dan progress apa saja yang dibutuhkan dari awal sampai selesai pembangunan, misalnya mengetahui ukuran bangunan, desain, penggunaan material dan juga target waktu membangun.

Tujuan membuat rencana pembangunan rumah sebagai pengendali proses pembangunan dan mencegah penyimpangan proses selama pembangunan berlangsung. Jika pembangunan rumah sesuai progres tentu saja biaya akan jadi lebih terkendali dan sesuai dengan rencana.

Sesuaikan Desain Rumah Impian dengan Buget

desain Rumah impian

Membangun Rumah Impian tentu saja menjadi idaman banyak orang, tapi dari pada pusing memikirkan biaya yang sangat besar karena rumah yang diinginkan membutuhkan material dan juga sumber daya yang besar alangkah lebih baik untuk menyesiaokan rumah sesuai dengan buget yang dimiliki.

Anda bisa memasukan berbagai desain impian dan mencocokan dengan budget yang dimiliki, seperti membuat rumah minimalis tapi tetap mempertahankan beberapa impian Anda di dalamnya.

Desain rumah tipe minimalis tentu punya kelebihan tersendiri, yaitu lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan sehingga bisa menghemat pengeluaran biaya.

Tak perlu kawatir jika Anda tidak bisa membuat desain rumah yang bagus, karena Anda bisa melakukan browsing desain yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Buatlah Desain Rumah Impian yang Sederhana

membuat Rumah impian

Selain desain, Anda juga harus mempertimbangkan bentuk bangunan, karena jika bentuk bangunan sulit dibuat tentu akan memakan waktu sehingga Anda harus membayar lebih banyak tukang karena waktu yang terbuang cukup banyak.

Anda bisa menggunakan desain rumah sederhana tapi tetap dengan memasukan nilai nilai yang ada di rumah impian Anda. Jika Anda tidak bisa mewujudkan rumah impian dari sisi desain exterior, Anda bisa mewujudkannya dari desain interior.

Hadirkan Ruangan Multifungsi Di Rumah Impian

Ruangan Multifungsi Rumah impian

Desain rumah yang memiliki banyak ruangan akan cendrung memakan banyak biaya, salah satu cara menghematnya adalah coba untuk membuat ruangan multifungsi.

Ruangan multifungsi adalah ruangan yang memiliki banyak fungsi, misalnya ruang tamu yang bisa dijadikan ruang keluarga atau dapur yang digabungkan dengan ruang makan.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan furnitur yang mampu mendukung ruangan multifungsi lebih modern dan sesuai dengan keinginan.

Survey Harga Bahan Bangunan

harga bahan bangunan Rumah impian

Bahan bangunan adalah salah satu faktor penting untuk mengontrol biaya pada saat membangun rumah. Anda bisa melakukan riset harga bahan bangunan sebelum memulai membangun rumah.

Sekarang ini cara cek harga bahan bangunan sudah sangat mudah, Anda tidak perlu repot-repot untuk datang ke depo bangunan, Anda cukup mengunjungi toko online bahan bangunan dan Anda akan langsung mendapatkan harga yang Anda cari dengan mudah.

Selain melihat harga, Anda bisa membandingkannya dengan beragam toko bangunan yang Anda di sekitar Anda untuk mendapatkan sumber bahan bangunan dengan harga yang paling murah sehingga Anda bisa menekan pengeluaran biaya material.

Gunakan Bahan Bangunan Produk Lokal

bahan bangunan Rumah impian

Sekarang ini sudah sangat banyak bahan bangunan dari berbagai merek baik lokal maupun internasional. Anda bisa menggunakan bahan bangunan lokal dengan harga yang lebih menyesuaikan kantong, karena banyak kok brand lokal yang memiliki kualitas yang baik.

Jadi jangan selalu berpikir bahwa merek internasional itu lebih bagus dibandingkan lokal, karena merek lokal sekarang ini sudah mampu bersaing loh.

Pergunakan Tukang Bangunan Profesional

tukang bangunan profesional Rumah impian

Jika Anda membangun rumah impian sendiri, tukang bangunan adalah orang paling penting untuk mewujudkan impian Anda.

Jadi Anda harus memilih tukang bangunan profesional agar apa yang sudah Anda desain bisa direalisasikan menjadi nyata.

Jangan asal memilih tukang bangunan, karena resikonya pembangunan rumah Anda bisa tidak tepat waktu karen dikerjakan secara lambat, dan yang terpenting jika rumah Anda dibangun oleh orang propfesional tentu hasil akhirnya akan sangat memuaskan.

Ingat yang Anda bangun adalah rumah yang akan Anda tempati selama hidup Anda, jadi jangan sampai memilih tukang bangunan ya.

Membangun Rumah Impian Secara Bertahap

tahap membangun Rumah impian

Enaknya membangun rumah sendiri adalah Anda bisa memulai proses pembangunan sesuai dengan budget yang tersedia tanpa harus menunggu dana mencukupi untuk mewujudkan rumah impian.

Anda bisa memulai dari fondasi, pendirian bangunan, pemasangan atap dan sampai di akhir fisining dengan cara bertahap menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki.

Memang cara ini akan memakan waktu yang lama, tapi paling tidak Anda bisa benar-benar mewujudkan rumah impian dan bisa mengontrol dana yang dikeluarkan.

Akhir Kata

Jika Anda ingin mewujudkan rumah impian dengan budget yang terbatas, Anda bisa menggunakan jasa konsultasi desain dan bangun yang Tiperumah miliki, kami akan menemani langkah Anda untuk dapat mewujudkannya dan menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.