by

Tata Ruang Kantor Yang Nyaman Dan Meningkatkan Produktifitas Bekerja

Desain tata ruang kantor memang harus dibuat senyaman mungkin, sehingga para pekerja yang ada di dalamnya menjadi betah dan produktifitas bekerja terjaga.

Tak heran banyak perusahaan sekarang ingin membuat desain tata ruang kantor semakin menarik, sehingga membuat para pekerja tidak suntuk dalam pekerjaannya dan meningkatkan profitibilitas untuk perusahaan.

Untuk mempermudah Anda menata ruang kantor yang ideal agar prodiktifitas terjaga, kami rangkum bentuk tata ruang kantor yang bisa bisa menjadi inspirasi.

Mengenal Tata Letak Kantor

Tata ruang kantor adalah bagian dari desain interior yang tentunya semua harus diperhitungkan secara matang sehingga menghasilkan suasana yang dapat membangkitkan semangat bekerja.

Sebelum membuat tata ruang, ada baiknya Anda harus membuat layout kantor terlebih dahulu karena ini akan sangat berguna untuk menempatkan berbagai furniture penting di kantor Anda.

Dengan begitu penataan kantor akan lebih baik dan ideal sehingga menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan mampu menciptakan komunikasi yang baik antar pekerja.

Jadi untuk permulaan Anda harus membuat layout kantor dan membuat desain ruangan yang akan membuat alur pekerjaan menjadi lebih sederhana.

Untuk mencapatkan desain kantor yang baik, pastikan Anda sudah memiliki alur kerja seperti, menempatkan devisi pekerja tertentu di sisi ruang yang sama, misal tim marketing harus menempati area yang berdekatan.

Manfaat Membuat Layout Tata Ruang Kantor

Sama halnya membuat desain rumah minimalis yang nyaman, mendesain tata ruang kantor adalah keharusan untuk mendapatkan ruangan yang nyaman.

Nah dengan melakukan layout tata ruang kantor Anda akan mendapatkan beberapa manfaat, diantaranya:

  • Dapat meningkatkan produksi kerja, karena akan lebih terpantau dengan baik.
  • Membuat kreatifitas pekerja berkembang
  • Meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar devisi pekerja.
  • Bisa Menghemat biaya pemeliharaan ruangan
  • Dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan karena tidak salah dalam memposisikan mesin atau alat penunjang pekerjaan.

Berbagai Inspirasi Tata Ruang Kantor

Untuk Anda yang membutuhkan inspirasi dari tata ruangan untuk kantor, kami akan memberikan beberapa jenis tata ruang kantor yang ideal yang akan membantu Anda untuk menciptakan ruang kerja yang nyaman.

Layout Tata Ruang Kantor Hybrid

tata ruang kantor hybrid

Untuk Anda yang ingin mendesain kantor yang lebih serbaguna, Anda bisa menggukan tata ruang hybrid. Dengan tata ruang ini Anda dapat memadukan berbagai jenis ruangan kantor yang lebih multifungsi.

Dengan tata ruang seperti ini, Anda membuat ruangan multifungsi yang dikhususkan untuk ruang kerja bersama dan ruang terbuka, sehingga pekerja bebas memilih tempat bekerja yang mereka sukai.

Menggunakan tata ruang kantor hybrid memiliki keuntungan yang mudah disesuaikan, selain itu juga dapat meningkatkan mood para pekerja dengan membebaskan mereka memilih tempat bekerja yang mereka suka.

Tapi tata ruang jenis ini juga punya kekurangan, yaitu biaya untuk pemeliharaannya relatif mahal, layout kantor berantakan, dan tentunya membutuhkan ruangan yang luas.

Tata Ruang Kantor Bersama (Coworking Space )

tata ruang kantor coworking space

Sekarang ini sedang trend bekerja di coworking space. Coworking sendiri adalah salah satu tempat sewa kantor yang memang sedang marak dan banyak ditemukan di kota-kota besar.

Di sana Anda Bukan hanya bekerja dengan orang ada ada di satu perusahaan tapi bergabung bersama perusahaan lain.

Nah Anda bisa mengambil layout kantor seperti ini untuk diaplikasikan di kantor Anda, dengan menggunakan tata letak coworking space, kemungkinan budaya bekerja dikantor Anda akan menjadi lebih fleksibel.

Tapi kekurangan menggunakan gaya coworking space adalah tidak adanya privasi antar karyawan.

Tata Ruang Kantor Bilik (Cubicle Office)

Tata Ruang Kantor Bilik (Cubicle Office)

Nah jika Anda ingin membuat ruang kantor dan menjaga privasi antar pekerja, Anda bisa menggunakan tata ruang bilik.

Karena tata ruang ini akan menggunakan desain tertutup, yang mana para pekerja akan dipisahkan dengan dinding partisi yang membentuk seperti “bilik”.

Tata ruang ini sudah sangat lumrah digunakan di berbagai kantor di tanah air, jadi akan tidak sulit untuk mengaplikasikannya.

Dengan tata ruang kantor seperti ini tentu akan sangat menjaga privasi para pekerja dan membuat pekerja akan lebih fokus karena minim gangguan dari pekerja lain.

Tapi menggunakan tata ruang bilik Anda harus siap menggunakan ruangan yang lebih luas, dan juga kekurangannya interaksi antar pekerja akan berkurang sehingga pekerja menjadi kurang nyaman.

Kantor Berbentuk Lanskap

tata ruang kantor lanskap

Jika Anda ingin memiliki tata ruang kantor yang nyaman dan memberikan kesan yang unik sehingga dapat menjaga mood para pekerja, kantor berbentuk lanskap adalah salah satu yang harus Anda pertimbangkan.

Dengan kantor berbentuk lanskap, Anda akan menampilkan desain interior kantor yang menyenangkan dan membuat nyaman para pekerja.

Anda bisa mengkombinasikan penempatan tanaman di berbagai tempat diruangan dan menghasilkan ruangan yang alami, pertimbangkan juga untuk menggunakan cahaya alami dengan memaksimalkan jendela yang ada.

Dengan mengaplikasikan ruang kerja lanskap, Anda akan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman sehingga produktifitas pekerja terjaga.

Tata Ruang Kantor Terbuka

tata ruang open office

Nah jika Anda tidak ingin pusing dengan layout kantor, Anda bisa menggunakan model kantor terbuka yang sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan.

Menggunakan jenis layout ini berfokuskan pada kemudahan berkomunikasi antar pekerja agar lebih intens dalam pekerjaan.

Menggunakan ruang kantor ini, Anda wajib menyiapkan meja kerja yang sejajar dengan rekan pekerja lainnya dan tidak ada dinding pemisah antar pekerja, sehingga komunikasi antar pekerja akan lebih terjaga.

Tapi desain tata ruang kantor terbuka ini sama seperti coworking space yaitu kurang terjaganya privasi antar pekerja.

Bagaimana Sudah Menentukan Tata Ruang Kantor Anda?

Bagaimana jenis tata layout ruang kantor yang kami sajikan diatas apakah menginspirasi Anda? Jika sudah menentukan pilihan pastikan Anda memilih tata ruang yang cocok bisnis yang sedang dijalani ya.

Jika membutuhkan desain interior Tiperumah menyediakan jasa desain profesional untuk Anda, Anda bisa langsung menghubungi tim untuk mendapatkan penawaran khusus.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.