by

Tips Cara Memperbaiki Beton Keropos

Jika Sobat menemukan beton keropos di rumah tentu akan membuat panik dan kepikiran, karena memang jika beton tersebut berada di titik krusial akan membahayakan, dan juga merusak pemandangan dari rumah.

Apalagi jika rumah sobat adalah rumah baru, beton keropos pasti mengundang berbagai pertanyaan, kok rumah baru betonnya sudah keropos.

Nah tentu saja jika Sobat mengetahui adanya beton keropos dan merusak pemandangan rumah, Sobat wajib banget untuk memperbaikinya agar rumah kembali enak dipandang.

Untuk itu kami akan memberikan informasi cara yang benar untuk memperbaiki beton keropos, tapi sebelum itu, Sobat juga wajib mengetahui penyebab kenapa beton keropos.

Penyebab Beton Keropos

beton

Nah sebelum Sobat benar-benar memperbaiki beton yang keropos, Sobat harus ketahui terlebih dahulu penyebab apa yang membuat beton menjadi rusak, karena ini bisa berpengaruh ke cara memperbaikinya.

Adukan Cor Asal

Hal pertama yang harus diperhatikan membuat beton adalah adukan cor, ya ini adalah bagian terpenting, kalau adukan cor asal misal adukan cor terlalu encer membuat air semen akan keluar dari cetakan, inilah yang membuat beton menjadi cepat rusak.

Kesalahan Pada Proses Adukan Cor

Selanjutnya, pembuatan beton juga harus mengikuti tahapan yang benar, misalnya ketika mengaduk cok, semen dan pasir terlebih dahulu diaduk hingga rata baru kemudian diberikan air secukupnya.

Jika Air lebih dahulu ditambahkan akan berakibat pasir dan semen tidak dapat bercampur dengan rata dan beton menjadi kurang kuat.

Adukan Cor Kekurangan atau kelebihan Air

Nah ini juga perlu diperhatikan, kekurangan air pada adukan bisa menyebabkan komponen tidak tercampur dengan sempurna dan kelebihan air juga membuat adukan menjadi encer, jadi pastikan menggunakan air yang tepat.

Tidak Memperhatikan Pemasangan Besi Tulangan

Selain cor-coran, besi tulangan juga adalah bagian penting dari beton, jika pemasangannya tidak tepat, akan membuat lapisan beton semakin tipis dan mudah keropos. Sehingga bagian luar akan cepat terkikis.

Perhatikan Kebersihan Bekisting

Bekisting sendiri adalah alat struktur untuk pencetak beton sesuai dengan ukuran, biasanya banyak yang menggunakan bekisting lama agar hemat biaya, tapi banyak loh yang tidak memperhatikan kebersihannya, sehingga masih ada sisa-sisa beton lama yang menempel dipermukaan yang membuat beton akan mudah keropos.

Pemadatan Beton Kurang Sempurna

Ada teknik pemadatan yang biasa dilakukan, untuk betok kolom kecil bisa dipukulkan dari luas bekisting, sedangkan kolom besar menggunakan alat khusus.

Bongkar Bekisting Terlalu Cepat

Nah untuk membuat beton padat tentu ada proses waktu yang cukup lama, jika tidak sabar, tentu kepadatannya jadi kurang sempurna dan membuat beton mudah terkelupas.

Nah pembongkaran yang terlalu cepat tersebut akan menurunkan kualitas beton, karena pada saat proses pembongaran akan membuat getaran yang bisa merusak.

Nah itulah beberapa penyebab kenapa beton bisa keropos dan terkelupas. Jika Sobat mengalami hal tersebut, Sobat bisa memperbaikinya dengan cara berikut ini.

Cara mengatasi kolom beton keropos

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbakiki beton yang keropos menjadi mulis lagi. Sobat bisa menggunakan cara-cara di bawah ini.

Tambal dengan Grouting

Sobat bisa menutup bagian yang keropos dengan grouting. Perlu diketahui, grouting adalah proses, di mana suatu cairan diinjeksikan/disuntikan dengan tekanan sesuai uji tekanan air (water pressure test) ke dalam rongga.

Mempertebal Dimensi Kolom

Sobat juga bisa mempertebal dimensi kolom dengan memasangkan besi tulangan tambahan di luar kolom kemudian di cor kembali untuk menyelimutinya, sehingga kolom mendapatkan lapisan yang baru dan dimensi akan semakin tebal.

Konsultasikan dengan Pakar

Jika beton mengalami keropos yang cukup parah, sebaiknya sobat konsultasikan ke pakar profesional agar dilakukan pengetesan dengan hammer test sehingga mengetahui kekuatan beton tersebut.

Jika sudah tidak dapat diperbaiki jalan satu-satunya adalah dengan menggantinya dengan yang baru jika memungkinkan.

Bagaimana Sudah Cek Beton di rumah?

Nah, sobat sudah cek beton yang ada di rumah? Jika ada beton yang keropos sebainya segera diperbaiki agar tidak menjadi lebih parah dikemudian hari.

Sobat bisa menggunakan jasa profesional dari Tiperumah.id untuk dapat berkonsultasi prihal properti dengan mudah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.