Wardrobe: Bukan Sekadar Tempat Menyimpan Pakaian!

Kabar Properti1650 Views

Halo Sobat! Pernahkah kalian mendengar istilah ‘wardrobe’? Di banyak tempat, ‘wardrobe’ identik dengan lemari pakaian. Tapi tahukah kalian bahwa arti ‘wardrobe’ ini bisa lebih dari sekedar tempat menyimpan pakaian? Yuk, kita ulas lebih dalam tentang wardrobe ini!

Mengenal Wardrobe

Wardrobe, yang dalam bahasa Indonesia berarti lemari pakaian, sekarang tidak hanya merujuk pada tempat penyimpanan pakaian di rumah kita. Istilah ini juga dipakai di dunia entertainment, khususnya di bidang pertelevisian dan fotografi. Wardrobe diartikan sebagai kostum atau busana yang dikenakan oleh pemain atau model. Jadi, saat kamu mendengar istilah ‘wardrobe’ dalam konteks ini, mereka bukan sedang membicarakan lemari, Sobat!

Wardrobe vs Walk-in Closet: Ada Apa Di Baliknya?

Kalau berbicara soal dekorasi rumah, istilah wardrobe sering disandingkan dengan walk-in closet. Keduanya memang memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai tempat untuk menyimpan pakaian. Tapi tunggu dulu, Guys, sebenarnya keduanya itu berbeda lho. Yuk kita bedah perbedaannya!

Wardrobe

Wardrobe adalah lemari atau tempat untuk menaruh pakaian. Biasanya, wardrobe memiliki tinggi sekitar dua meter dan dilengkapi dengan beberapa pintu serta rak baju. Kamu juga akan menemukan gantungan untuk menyimpan pakaian yang mesti digantung, seperti coat atau jas. Selain itu Wardrobe juga disebut sebagai loose furniture karena fleksibel dan mudah dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan.

Walk-in Closet

Sedangkan walk-in closet, meskipun fungsi utamanya sama, yakni untuk menyimpan pakaian, tapi walk-in closet ini bisa juga dimanfaatkan untuk menyimpan aksesori lain seperti tas dan sepatu. Ini karena ukuran walk-in closet biasanya lebih besar dari wardrobe. Beberapa walk-in closet bahkan dilengkapi meja rias untuk tempat bercermin atau bersolek. Walk-in closet biasanya dibuat berdasarkan pesanan atau customized, dan bisa dibuat di ruang khusus, tidak hanya di kamar tidur. Jadi, kalau dibandingkan dengan wardrobe, walk-in closet ini lebih proper dan tentu saja harganya juga lebih mahal, Sobat.

Manfaat Wardrobe untuk Interior Rumah

Wardrobe bukan hanya tempat untuk menyimpan pakaian, Guys. Ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari wardrobe, terutama dalam konteks interior rumah. Beberapa manfaat tersebut diantaranya:

  • Membuat rumah terlihat lebih rapi.
  • Menciptakan kesan estetik pada ruangan.
  • Dapat menciptakan kesan ruangan yang lebih luas.

Dengan wardrobe, kamu bisa menyimpan banyak barang dan menjadikan ruangan terlihat lebih rapi dan estetik. Tapi, pastikan memilih desain dan ukuran yang tepat agar kamar tidurmu tidak terkesan sumpek, ya!

Tips Merancang Wardrobe Room di Kamar Tidur

Wardrobe kamar

Sobat, kamu sudah mantap memutuskan untuk menambahkan wardrobe di kamar tidurmu? Itu ide yang bagus, tapi ada beberapa hal yang perlu Sobat pikirkan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Sobat dalam merancang dan memilih wardrobe yang tepat untuk kamar tidurmu:

  1. Sesuaikan Desain Wardrobe dengan Tema Kamar Tidur

Pertama-tama, pertimbangkanlah tema yang Sobat miliki di kamar tidur. Apakah itu modern, minimalis, atau mungkin tradisional? Desain wardrobe harus sejalan dengan tema tersebut. Jika kamar tidurmu bertema modern, pilihlah wardrobe dengan model simpel dan minimalis. Sedangkan untuk tema kamar yang lebih tradisional atau klasik, wardrobe dengan ornamen atau corak hiasan mungkin akan menjadi pilihan yang cocok. Ingat, wardrobe bukan hanya tempat penyimpanan, namun juga dapat mempengaruhi keseluruhan estetika kamar tidurmu.

  1. Pilih Wardrobe dengan Ukuran yang Tepat

Selanjutnya, ukuran wardrobe juga sangat penting. Kamu harus memastikan bahwa wardrobe tidak akan membuat kamar tidurmu terasa sempit dan sumpek. Oleh karena itu, sebelum memilih wardrobe, Sobat perlu mengukur luas kamar tidur terlebih dahulu. Pilihlah wardrobe dengan ukuran yang paling sesuai dengan kamar tidurmu. Jika ruangnya terbatas, mungkin wardrobe berukuran kecil atau dengan desain terbuka akan menjadi pilihan yang tepat.

  1. Pertimbangkan Desain Pintu Wardrobe

Desain pintu wardrobe juga dapat mempengaruhi estetika dan fungsi ruangan. Ada beberapa jenis pintu yang umum digunakan pada wardrobe, seperti sliding door, folding door, dan swing door. Jika kamar tidurmu berukuran kecil, lebih baik gunakan pintu jenis sliding door atau folding door. Keduanya tidak memakan tempat saat dibuka, sehingga Sobat tidak perlu menyisakan ruang kosong hanya untuk membuka pintunya.

  1. Pilih Wardrobe yang Memiliki Banyak Ruang Penyimpanan

Terakhir, pertimbangkan kapasitas penyimpanan dari wardrobe tersebut. Untuk memaksimalkan fungsi wardrobe, pilihlah yang memiliki banyak ruang penyimpanan, baik itu rak maupun gantungan. Jika ruang penyimpanannya cukup, Sobat tidak perlu menambah rak atau storage lainnya. Semua pakaian dan aksesori bisa disimpan di satu tempat, menjadikan kamar tidurmu lebih rapi dan terorganisir.

Nah, Sobat, itu dia tips dalam merancang wardrobe room di kamar tidur. Semoga tips ini bisa membantu Sobat dalam memilih dan merancang wardrobe yang paling cocok untuk kamar tidurmu. Selamat mencoba!

Brand Wardrobe Terbaik

Sobat! Ada beberapa brand wardrobe yang terkenal akan kualitas dan desainnya yang bagus. Berikut adalah beberapa rekomendasi brand wardrobe terbaik yang bisa Sobat pertimbangkan:

IKEA

Siapa yang tidak kenal dengan IKEA? Brand asal Swedia ini dikenal sebagai salah satu brand furnitur terkemuka di dunia. IKEA menawarkan berbagai macam pilihan wardrobe dengan desain yang modern dan minimalis. Selain itu, produk IKEA juga terkenal dengan kualitasnya yang baik dan harganya yang terjangkau.

Informa

Informa adalah salah satu toko furnitur terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai pilihan furniture, termasuk wardrobe. Sobat bisa menemukan berbagai pilihan desain dan ukuran wardrobe di sini.

Fabelio

Fabelio adalah brand lokal Indonesia yang menawarkan berbagai macam furniture dengan desain yang modern dan elegan. Beberapa produk wardrobenya bahkan dirancang dengan fitur tambahan, seperti cermin atau rak tambahan.

Olympic Furniture

Sebagai salah satu brand furnitur lokal terkemuka, Olympic Furniture menawarkan produk wardrobe dengan kualitas yang baik. Sobat bisa menemukan berbagai pilihan desain wardrobe di sini, mulai dari yang sederhana hingga yang memiliki fitur-fitur tambahan.

Ace Hardware

Meski lebih dikenal sebagai toko peralatan rumah tangga dan perbaikan, Ace Hardware juga menawarkan berbagai pilihan furniture, termasuk wardrobe. Keunggulan dari produk Ace Hardware adalah kualitasnya yang bagus dan harganya yang relatif terjangkau.

Ingat, dalam memilih wardrobe, selalu pertimbangkan kebutuhan dan budget Sobat. Semoga rekomendasi ini membantu, ya!

Baca Istilah properti lainnya:

Nah, itulah ulasan lengkap tentang wardrobe. Semoga artikel ini bisa membantu Sobat semua dalam memahami lebih lanjut tentang wardrobe dan bagaimana cara memilih yang terbaik untuk kamar tidurmu. Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *