by

Kolam Renang- Fungsi, Desain dan Juga Cara Membuatnya

Kolam renang adalah salah satu idaman para pemilik rumah mewah, ya karena kebutuhan membuat kolam untuk olahraga tidak murah, dan luas tanah harus mendukung untuk menghadirkan kolam tersebut di rumah impian.

Tapi bukan tidak mungkin menghadirkan kolam di rumah minimalis, karena semua bisa didesain oleh arsitektur profesional.

Tentang Kolam Renang

Kolam renang di malam hari

Kolam Renang adalah Fasilitas olahraga untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran fisik, karena aktifitas berenang dapat meningkatkan detak jantung dan membangun kekuatan otot.

Membuat kolam harus mengikuti standar yang berlaku, karena menurut Permenkes Nomor 32 Tahun 2017 yang dimaksud dengan air kolam renang adalah air di dalam kolam renang yang digunakan untuk olahraga dan kualitasnya memenuhi syarat kesehatan.

Jadi kualitas air kolam harus selalu dijaga karena jika tidak akan dapat menimbulkan berbagai penyakit yang dapat menggagu kesehatan. Dan sebelum Anda benar-benar ingin menghadirkan kolam renang di rumah Anda, Anda wajib tahu cara merawat kolam renang agar tetap sehat.

Syarat Utama Membuat Kolam Renang

Sebelum Anda membuat kolam renang, Anda penting untuk mengetahui syarat utama yang akan menjadi pertimbangan untuk mewujudkannya.

Dengan memahami syarat pembuatan kolam ini, diharapkan akan membantu Anda untuk mewujudkan kolam renang sesuai dengan keinginan, dan agar proses pengerjaannya sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Yang perlu digaris bawahi, pembuatan kolam tidak boleh dilakukan secara sembarangan, jadi pastikan sebelum membangunnya syarat utama di bawah ini sudah terpenuhi terlebih dahulu, tujuannya agar kolam renang memiliki fungsi yang baik.

Lahan yang dibutuhkan

Ukuran standar kolam renang membutuhkan ideal lahan berukuan minimal 3 m x 7 m, hal ini dipertimbanhkan dari kenyamanan gerakan ketika Anda melakukan olahraga renang.

Tapi jika Anda memfungsikan kolam renang hanya sekedar kolam berendam, Anda bisa menyesuaikan ukuran nyaman untuk melakukan kegiatan tersebut.

Pertimbangkan Penggunaan Listrik

Kolam renang membutuhkan sirkulasi air yang selalu berputar ke sistem penyaringan, dan ini diperlukan pompa yang selalu bekerja, jadi Anda harus menyiapkan setidaknya listrik minimal 500 Watt.

Karena nantinya penggunaan listrik akan berpengaruh dari seberapa besar kolam renang dan juga mesin pompanya. Selain itu penerangan sekitar kolam renang juga harus dipertimbangkan, untuk ukuran standar minimal membutuhkan 3 buah lampu underwater dengan daya masing-masing 100 watt.

Jadi setidaknya siapkan daya 800- 1000 watt hanya untuk kolam renang.

Pikirkan Pasokan Air

Untuk mengisi kolam renang tidak sedikit air yang akan dipergunakan, jadi Anda wajib mempertimbangkan akan menggunakan air dari mana, apakah air tanah, PAM, atau air pegunungan yang didatangkan khusus.

Untuk membuat pengisian kolam renang hanya sekali pengisian, Anda wajib mengetahui treatment perawatan air agar kolam renang tidak perlu diganti, cara treatmentnya seperti menjaga kebersihan, kadar klorin, pH dan lain sebagainya.

Syarat-syarat tersebut wajib dipenuh supaya kolam renang dapat difungsikan dengan baik.

Gunakan Tenaga Profesional

Nah jika Anda sudah benar-benar ingin membuat kolam renang, ada baiknya gunakan tenaga profesional untuk mewujudkannya.

Kolam renang membutuhkan seorang profesional yang mendesain dan membuat sirkulasi air dan filter air bekerja dengan baik, ini akan sangat penting untuk kedepannya agar air yang digunakan tidak cepat kotor.

Penggunaan material juga perlu dipertimbangkan agar kolam renang lebih tahan lama dan sesuai dengan fungsinya.

Jika Anda membutuhkan jasa profesional kami memiliki jasa desain dan rumah yang siap membantu untuk mewujudkannya.

Cara Merawat Kolam Renang

Merawat kolam renang pada intinya adalah mejaga kebersihan kolam dan air yang digunakan, ini adalah hal paling penting jika ingin menjaga kualitas kolam renang Anda tetap bersih.

Anda wajib mengetahui bahan-bahan kimia yang biasa digunakan untuk merawat air pada kolam, jangan asal memberikan zat tersebut karena masing-masing punya takaran tersendiri, jadi usahakan untuk membaca lebel kemasan.

Berikut adalah daftar Cara merawat Kolam untuk keperluan olahraga, yang kami ulas secara lengkap.

Jernihkan Air Dengan Klorin

Klorin adalah zat yang berfungsi untuk mengikat kotoran di dalam air sehingga tetap bersih, klorin biasanya berbentuk tablet, cair atau butiran.

Penggunaan Klorin yang paling tepat adalah digunakan pada sore hari, pada saat ini panas matahari akan mampu menurunkan kadar klorin.

Seimbangkan PH dalam Air

Agar Klorin dapat berfungsi dengan baik, zat ini memerlukan PH air di antara 7,2 – 7,8. Untuk menyeimbangkan kadar PH air bisa menggunakan Cynuric Acid, biasanya sih di Klorin sudah ada kandungan ini, tapi jika tidak ada sebaiknya gunakan secara terpisah.

Cegah Lumut Berkembang

Untuk mencegah munculnya lumut pada kolam renang, Anda harus menggunakan Algaecide yang merupakan bahan surfaktan yang berfungsi mencegah lumut di kolam renang.

Penggunaan Algaecide ini biasanya digunakan sehari setelah shock treatment, jadi Anda wajib mencatatnya dengan baik, ini akan sangat penting sehingga Anda tidak perlu cape membersihkan lumut yang muncul di kolam renang.

Cek Kadar Air secara Rutin

Jika Anda ingin punya kolam renang, wajib untuk menyediakan alat khusus pengecek air, karena ini digunakan untuk melakukan pengecekan kadar air setiap minimal dua minggu sekali.

Hal ini bertujuan untuk melihat apakah bahan perawatan air yang sudah diberikan bekerja maksimal dan tidak berakibat pada iritasi kulit dan mata yang biasanya terjadi karena kadar pH air terlalu tinggi atau rendah.

Berikut ini apa saja yang perlu dicek dan kadar yang dianjurkan:

  • Chlorine – kadar normal 1-3 ppm
  • Cyanuric Acid – kadar normal 40-100
  • Alkalinitas – kadar normal 80-120 ppm
  • pH – kadar normal 7,2 – 7,6

Berapa Biaya Membuat Kolam Renang ?

Sekarang jika Anda benar-benar ingin membuat kolam renang yang melengkapi rumah impian Anda, mungkin Anda harus mengetahui harga pembuatan kolam renang terlebih dahulu dan mencocokannya dengan kemampuan finansial yang dimiliki.

Jadi pastikan budget Anda terlebih dahulu baru bisa merincikannya ke jasa developer yang ditunjuk untuk membuat kolam renang, jika Anda hanya memiliki sedikit anggaran sebaiknya buatlah kolam minimalis untuk menekan pengeluaran.

Tentu saja kita tidak bisa menerka-nerka harga pembuatan kolam renang, karena harga akan ditapat dari hitungan ukuran kolam renang yang dibuat dan bahan yang akan digunakan, jadi setiap kolam akan berbeda ketika bahan dan ukurannya berbeda.

Tapi biasanya dengan menggunakan jasa profesional, Anda akan mendapatkan harga membuat kolam renang dengan sistem meteran atau borongan sesuai dengan desain dan juga bahan yang akan digunakan, karena nantinya Anda akan mendapatkan Rencana Anggaran Biaya untuk melihat harga dari setiap pekerjaan dan juga harga dari bahan yang digunakan.

Contoh harga membuat Kolam Renang minimalis

Jika Anda ingin membuat kolam renang minimalis dengan ukuran 3 x 7 meter dengan kedalaman 1,2 meter dengan sistem sirkulasi skimmer, pihak jasa pembangun mengenakan biaya per meter sebesar Rp.4.000.000.

Jadi Estimasi harga yang harus dikeluarkan dari total luas tersebut

Biaya kontruksi: 21 m2 x 1,2 x Rp4.000.000 = Rp100.800.000
Nah ini adalah contoh harga pembuatan kolam minimalis ukuran 3 x 7 m dengan kedalaman 1,2 m mencapai Rp100.800.000.

Selain itu pastikan juga Anda harus siap mengeluarkan biaya untuk melakukan perawatan kolam, jangan sampai sudah jadi tidak dirawat ya.

Desain Kolam Renang Sebagai Inspirasi

Jika Anda sudah mengetahui bagaimana syarat membangun dan merawat kolam renang. Sekarang saatnya Anda mencari inspirasi desain kolam renang yang akan Anda buat.

Kami akan memberikan beberapa desain yang semoga bisa menginspirasi Anda.

Kolam Renang minimalis

Kolam renang minimalis

Jangan kira rumah minimalis tidak memerlukan fasilitas olahraga seperti berenang, karena Anda bisa membuat kolam renang minimalis untuk memperlengkap rumah dan menjadikan ini menjadi salah satu karakteristik rumah Anda.

Dengan kolam renang minimalis, bentuk dari kolam akan menyesuaikan dengan rumah Anda, karena ini minimalis jadi tidak memerlukan banyak ornamen dan semua harus menyesuaikan dengan kebutuhan.

Warna desain dari kolam bisa menggunakan warna minimalis seperti putih, abu atau monochrome, dengan bentuk menyesuaikan ruang yang ingin dibangun.

Kolam Renang Bundar

Kolam renang Bundar

Jika Anda membuat fungsi kolam renang hanya untuk tempat berendam atau membuat hanya khusus anak, Anda bisa mempertimbangkan menggunakan kolam renang berbentuk bulat / bundar.

Karena dengan bentuk tersebut, Anda akan sangat mengehemat ruang sehingga memiliki area yang luas pada sekeliling kolam.

Kolam Renang 3 x 7

Kolam renang 3 x 7

Ukuran standar kolam untuk kebutuhan olahraga adalah 3 x 7 meter, tentu saja ini menjadi ukuran minimal yang bisa Anda terapkan jika hanya memiliki lahan yang tidak terlalu besar.

Pada dasarnya Anda bisa membuat desain yang menyesuaikan dengan keinginan pastikan juga terdapat tangga dan juga desain lain yang mendukung seperti lampu dan kramik serta bisa mempergunakan motif kayu dibagian pinggi kolam renang.

Kolam Renang Dengan Tepi Melengkung

Kolam renang Melengkung
Jika Anda tidak suka dengan desain kolam yang biasa- biasa saja, Anda bisa membuat kolam dengan desain diantara satu sisinya memiliki bentuk setengah lingkaran.

Hal ini akan membuat kolam berbentuk elips dan bagian tersebut bisa dipergunakan untuk berendam atau sebagai kolam dangkal untuk anak-anak.

Desain Kolam Renang Dengan Pancuran

Kolam renang Dengan Pancuran

Jika Anda ingin menambahkan ornamen atau hiasan agar tidak terlalu monoton Anda bisa menyiapkan bagian untuk menampilkan air mancur, ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk berbilas dari aktivitas berenang atau sebagai tempat relaksasi.

Kolam Renang Berbentuk L

Kolam renang Berbentuk L

Jika lahan Anda mencukupi, Anda bisa membuat desain kolam renang berbentuk huruf L, karena bagian sisi lain bisa Anda gunakan untuk bagian yang tidak dalam dan dapat dipergunakan untuk anak-anak, tapi pastikan gunakan pembatas agar lebih aman.

Sebenarnya bukan hanya huruf L saja yang bisa dijadikan desain, Anda bisa membentuk sesuai dengan huruf kesukaan Anda, tapi tentu saja huruf lain akan membutuhkan kesulitan lebih tinggi dibandingkan dengan huruf L.

Kolam Renang Dalam Ruangan

Kolam renang Dalam Rungan

Jika Anda membutuhkan kolam renang yang bisa digunakan di cuaca apapun, Anda bisa mendesain kolam tersebut berada di dalam ruangan.

Ornamen dan interior bisa Anda sesuaikan dengan keinginan, apakah menampilkan kemewahan atau menghadirkan kesan minimalis, dan pastikan ruangan yang digunakan cukup untuk kolam dan perlengkapannya.

Akhir Kata

Bagaimana apakah Anda sudah mendapatkan informasi yang cukup dari pembahasan kolam renang ini? Jika ada pertanyaan Anda bisa sampaikan di halaman komentar, kami akan siap menjawab pertanyaan Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.