by

Ide Konsep Dapur Minimalis Sederhana dan Modern

Dapur Minimalis adalah salah satu interior desain yang digunakan pada rumah jaman sekarang, dapur menjadi faktor penting yang menambah nilai keindahan dari sisi dalam bagian rumah, bahkan salah satu bagian dari rumah impian sebagian orang.

Apa itu Dapur Minimalis ?

Dapur Minimalis adalah konsep desain dapur yang menggabungkan estetika dengan kesederhanaan tapi tetap memiliki fungsi yang sama. Gaya ini umumnya digunakan di rumah minimalis sehingga menghemat ruang yang digunakan.

Banyak juga yang berpendapat pengaplikasian dapur minimalis itu tergangung seberapa sering mereka menggunakan dapur, kalau jarang tentu pilihan membuat desain minimalis adalah pilihan yang tepat.

Pada umumnya dapur minimalis ini menggunakan lemari kabinet sederhana yang terlihat elegan dan ukuran yang diperkecil seperti tidak menggunakan handle dan dibuat berukuran ramping.

Selain itu dapur minimalis juga akan diperkuat dengan susunan penempatan perlengkapan memasak yang tersusun rapih atau bahkan tidak terlihat berantakan.

Nah dapur minimalis sendiri ada banyak sekali gayanya, ada minimalis sederhana dan juga modern, tapi keduanya bisa dikombinasikan sehingga menampilkan kesan yang unik dan juga elegan.

Cara Membuat Dapur Minimalis

Konsep membuat dapur minimalis bukanlah hal yang sulit, Anda bisa mendapatkan inspirasi desain dari berbagai sosial media, yang termudah Anda bisa mendapatkan inspirasi dari Pinterest.

Pada dasarnya untuk membuat dapur terlihat minimalis, Anda harus menampilkan arsitektur yang sederhana dan lebih mementingkan fungsional, tapi Anda juga bisa menambahkan detail dekoratif sehingga dapur terlihat lebih elegant.

Jika ingin terlihat modern Anda juga wajib menampilkan kesan modern dari sisi perkakas ataupun dari sisi bentuk lemari yang ingin dibuat.

Untuk detail bagaimana mengaplikasikan dapur minimalis di rumah Anda, berikut adalah tips cara membuatnya.

Buatlah Desain Dapur dengan Warna Putih atau Monokrom

Dapur minimalis dengan warna dasar putih

Desain minimalis harus menampilkan kesederhanaan, jadi Anda wajib memilih warna yang terlihat sederhana dan juga memberikan kesan lebih luas.

Warna tersebut adalah putih, selain itu warna putih akan menampilkan kesan bersih, dan warna netral yang masuk dengan penggunaan warna lainnya.

Tak hanya warna putih, jika Anda tidak menyukai warna ini masih banyak warna lain yang bisa Anda masukan ke dalam desain dapur minimalis Anda.

Misalnya penggunaan warna monikrom, Warna monokrom akan selalu terlihat segar, bergaya, dan canggih, nah warna ini sangat cocok untuk membuat dapur minimalis modern.

Tapi ketika menggunakan warna-warna yang monokrom apalagi warna putih, ada baiknya untuk memikirkan permukaan kerja seperti top tabel yang tidak berwarna putih karena warna putih akan semakin mempertegas noda ketika memasak di dapur.

Pergunakan Material yang Memiliki Motif

dapur minimalis dengan ornamen kayu

Pada dapur minimalis, selain warna, Anda juga harus mempertimbangkan penggunaan material yang memiliki motif, seperti pergunakan TOP table yang terbuat dari marmer atau granit.

Biasanya marmer punya motif yang membangun nilai tambah pada dapur, pemilihan motif yang sederhana dan tidak bertabrakan dengan nilai nilai minimalis harus dipertimbangkan.

Pastika Anda menyesuaikan tema yang ingin dibuat apakah lebih menampilkan kesan sederhana, atau ingin terlihat lebih modern.

black white modern kitchen
Dapur minimalis tema monokrom

Pertimbangkan juga untuk menghiasi dengan sentuhan logam seperti warna emas, kuningan dan tembaga untuk menambahkan kesan hangat.

Dan pada bagian lantai, Anda bisa mempertimbangkan menggunakan lantai kayu untuk meningkatkan daya tariik visual dan kesan minimalis yang semakin kuat.

Gunakan gaya desain Skandanavia

dapur minimalis Skandinavia

Dapur dengan gaya Skandinavia memberikan nilai tambah untuk menampilkan tampilan minimalis, karena dengan Skandinavia Anda akan mampu membuat dapur yang indah di ruangan sempit dan membuat perkakas tidak berantakan.

Mengadopsi prinsip-prinsip desain Skandinavia untuk menciptakan dapur minimalis yang terfokus – dan hanya menampilkan beberapa item yang bermakna dan berharga yang dipamerkan.

Tujuan utama dari dapur Skandinavia adalah untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kepraktisan adalah kunci ide membuat dapur yang minimalis namun tetap estetik.

Maksimalkan setiap sudut Dapur

JRP7ixcHEbXcJ6UTstBTC5 768 80.jpg

Perkakas dapur bisa dibilang cukup banyak, tentu membuat desain dapur Anda harus memperhitungkan penempatan perkakas tersebut agar tidak berantakan.

Oleh sebab itu, Anda harus memaksimalkan setiap sudut ruang untuk dapat dijadikan ruang penyimpanan namun tetap terlihat estetik.

Oleh sebab itu, ide penyimpanan dapur yang efisien harus menjadi prioritas ketika merencanakan dapur minimalis.

Sebagai contoh Anda bisa membuat tempat khusus untuk barang-barang seperti keramik berharga menggunakan rak terbuka, karena ini akan menjadi sesuatu yang bisa dinimkati ketika tidak digunanakan dan menambahkan kesan elegant pada dapur anda.

Pergunakan kesan serat Kayu Agar Menampilkan Kekokohan

Glenroy Contemporary Kitchen Waterfall Countertops

Kayu adalah bahan yang paling banyak digunakan ketika membuat rumah, karena menampilkan penggunaan kayu akan menampilkan kesan yang kokoh, kuat dan tahan lama.

Jika Anda ragu menggunakan bahan kayu Asli, Anda bisa menggunakan lapisan yang menampilkan corak kayu, karena ini akan menampilkan kesan alami yang memanjakan mata.

Pilih Desain Meja Kabinet Tanpa Handle

Strada Matte Slate Blue with Rezana stained Espresso Cameo 1 RGB

Untuk memberikan kesan simpel dan sederhana dan juga modern, Anda wajib menggunakan kabinet lemari tanpa menggunakan pegangan hendel. Hal ini akan membuat tampilan dapur Anda semakin simpel nan elegan.

Selain itu sudah banyak mekanisme yang diaplikasikan pada lemari yang membuatnya semakin minimalis namun tetap memiliki fungsi yang sama.

aee2ad700d10843d3f5944ffdb2fa7bb

Selain itu, semua perkakas dapur sebaiknya disimpan dibalik pintu lemari, sehingga menampilkan kesan bersih dan rapih.

Ukuran Luas Dapur Minimalis yang Ideal

Sebenarnya tidak ada pakem atau standar dari ukuran dapur minimalis, asal ada ruangan yang cukup menampung kichen set dan juga perkakas dapur, sudah bisa dijadikan dapur minimalis, karena pada dasarnya Anda harus mengikuti standar ukuran dari Kitchen Set itu sendiri.

Nah untuk itu Anda harus mempertimbangkan ukuran ideal untuk kitchen set yang akan Anda gunakan di dapur minimalis Anda nantinya.

Kitchen Set punya ukuran ideal yang bisa kita pertimbangkan, dan yang paling penting adalah ukuran ketinggian ideal dari meja kitchen itu sendiri, karena ini penting ketika mencuci piring dan juga memasak.

Kitchen Set harus Anda buat di ketinggian kurang lebih sekitar 76 cm – 85 cm dari lantai.

Nah untuk Anda yang ingin menggunakan kabinet atas, Anda harus tau juga jarak idel dari meja dan juga kabinet agar tidak kesulitan ketika mengambil perkakas.

Jarak ideal antara meja dengan bagian bawah kabinet atas sebaiknya adalah 85 cm – 110 cm agar masih cukup nyaman digunakan.

Selain itu pertimbangkan juga lebar meja dapur yang ideal adalah kurang lebih sekitar 50 cm-70 cm, dengan ukuran panjang 60cm–150 cm untuk kabinet bawah dengan dua pintu dan tingginya mencapai 70 cm-85 cm.

Tapi untuk ukuran panjang bisa menyesuaikan dengan luas ruangan dapur yang Anda miliki ya, Anda bias memaksimalkannya.

Contoh Inspirasi Model Dapur Minimalis Sederhana

Untuk membuat dapur minimalis yang menyesuaikan dengan bentuk dan luas bangunan memang agak sedikir memusingkan, setidaknya Anda membutuhkan inspirasi untuk mendapatkan apa yang ingin diaplikasikan.

Untuk itu kami akan memberikan contoh beberapa model dapur minimalis sederhana dan modern di bawah ini.

Dapur Minimalis Sederhana

Contoh dapur minimalis sederhana

Gambar diatas adalah contoh pengaplikasian dapur minimalis yang simpel dan sederhana. Dapur tersebut memaksimalkan luas ruangan yang ada sehingga membuat semua serba ringkes.

Pemanfaatan ruang kecil akan sangat berpengaruh dengan perkakas dapur yang akan Anda beli, misal digambar tersebut pemilik hanya meletakan kompor 1 tungku untuk mendapatkan ruang yang cukup untuk wastafel.

Dapur Minimalis Multifungsi

Dapur Minimalis multifungsi

Ruangan multifungsi menjadi salah satu hal yang bisa diaplikasikan di rumah minimalis, dan salah satu ruangan yang biasa dijadikan ruang multi fungsi adalah dapur dan juga ruang makan.

Dengan penggabungan tersebut, Anda akan menghemat ruang dan menjadikan dapur lebih fungsional, selain itu kesan efisien juga akan terlihat ketika keduanya berada dalam satu ruangan.

Dapur Minimalis Sederhana Di Sudut Ruangan

Dapur Minimalis di sudut ruangan

Jika rumah Anda hanya memiliki luas yang terbatas dan ingin membuat dapur minimalis sederhana, Ada baiknya Anda bisa mencoba membuat dapur di bagian sudut ruangan.

Karena biasanya sudut ruangan menjadi tempat yang jarang terpakai, dan sudut ruangan punya luas dan tataletak yang cukup baik jika dijadikan dapur.

Seperti gambar di atas, Anda bisa memanfaatkan sudut ruangan dengan membuat kabinet lemari berbentuk menyidu dengan masing-masing punya fungsi tersendiri.

Dapur yang memanfaatkan ruang yang ada

Dapur Minimalis Memanfaatkan ruang
image : pinterest

Tidak semua orang punya luas rumah yang cukup untuk membuat berbagai ruangan terlihat luas. Tapi paling tidak kita harus lebih kreatif untuk memanfaatkan sisa ruang yang ada untuk dijadikan dapur minimalis yang sederhana dan modern.

Contohnya pada gambar di atas, dapur tersebut dibuat dibagian bawah dari tangga, dengan pemanfaatan ruang yang cukup strategis dan desain feminims membuat dapur terlihat minimalis tapi juga memiliki karakter.

Akhir Kata

Bagaimana apakah Anda sudah menemukan desain dapur minimalis yang Anda ingin buat? Apakah Sederhana atau menginginkan kesan modern.

Jika Anda membutuhkan jasa desain dan pembuatan Dapur Minimalis berserta kitchen Set, Tiperumah.id memiliki jasa desain dan bangun profesional yang akan membantu Anda membuat dapur impian dari awal perancangan hingga selesai pembuatan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.