by

Model Pagar Rumah Minimalis Modern Untuk Inspirasi Anda

Model pagar rumah menjadi salah satu aspek penting untuk mendapatkan kesan pertama menilai rumah yang dilihat. Jelas saja, pagar berada di area luar yang menjadi pandangan pertama siapapun yang melihatnya sebelum melihat desain rumah dari sisi lainnya.

Maka dari itu pemilihan model pagar rumah tidak boleh asal karena harus mencocokan dengan gaya rumah yang sudah dibangun. Untuk itu Tiperumah akan membahas berbagai model pagar rumah untuk dijadikan inspirasi untuk Anda.

Apa Sebenarnya Fungsi Pagar Rumah itu?

Pagar adalah struktur yang dirancang untuk membatasi atau mencegah gerak dapat masuk ke wilayah tertentu, sehingga fungsi pagar adalah untuk melindungi.

Pagar umumnya terbuat dari batu bata atau beton, kayu dan juga besi, di era modern sekarang ini pagar sudah memiliki beragam macam desain yang membuat tampilan rumah menjadi estetik dengan fungsi tetap sama.

Tak heran sekarang ini pemilihan model pagar akan sangat berpengaruh dengan tampilan akhir dari sebuah rumah.

Jika Anda membutuhkan model desain dari pagar untuk inspirasi, kami akan menjabarkannya untuk Anda, dan pastikan sesuaikan model dengan type rumah yang Anda miliki.

Model Pagar Rumah Minimalis

Desain minimalis bukan hanya pada sisi interior saja seperti dapur atau bahkan ruang tamu. Pagar juga memiliki tampilan desain minimalis sehingga tidak bertabrakan dengan konsep rumah minimalis.

Desain pagar minimalis ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki lahan terbatas tapi ingin membuat pagar untuk melindungi rumah Anda.

Model Pagar Minimalis Dorong Mengikuti Rel

Pagar minimalis dorong mengikuti rel
image credit youtube/K4SEP 4ND4

Membuat pagar tentu saja Anda harus mempertimbangkan luas tempat yang akan digunakan untuk mendirikan pagar tersebut, karena jika terlalu sempit bisa-bisa banyak hal yang akan dikorbankan.

Jika Anda memiliki lahan rumah yang terbatas, kami akan sangat menyarankan Anda menggunakan mode pagar minimalis dengan desain dorong mengikuti rel.

Model ini tidak membutuhkan lahan yang luas, karena pagar akan terbuka dan ditempatkan di salah satu sisi rumah Anda.

Kekurangannya untuk membuat model pagar ini akan mengeluarkan biaya cukup banyak karena harus menggunakan rel yang cukup panjang mengikuti bentuk ruangan.

Model Pagar Minimalis Lipat

Pagar minimalis lipat
Contoh Pagar minimalis lipat dengan dua sisi (image credit Pinterest.com)

Jika memiliki buget yang tidak terlalu banyak, Anda bisa membuat bentuk pagar lipat karena ini juga sangat efisien dalam penggunaan tempat.

Pagar lipat juga akan menampilkan kesan yang indah dan berkelas, selain itu pagar ini dapat dibuat dengan berbagai macam bahan seperti kayu, besi atau baja dan material pemanis lain.

Ada banyak desain dari pagar lipat, Anda dapat mencocokan salah satu bentuknya untuk menyesuaikan dengan rumah Anda.

Pagar Minimalis Laser Cut

pagar laser cut
Contoh pagar laser cut image credit pinterest.com

Jika Anda menginginkan pagar yang memiliki motif khusus yang lain daripada yang lain, Anda bisa menggunakan model pagar laser cut.

Pagar ini terbuat dari lempengan baja yang kuat, dan dibentuk dengan pola yang bisa disesuaikan dengan keinginan pemiliknya.

Selain itu penggunaan motif pagar leser cut ini juga bisa dikombinasikan dengan model lipat ataupun dorong ke dalam.

Tapi tentu saja biaya yang harus dikeluarkan untuk memaikan pagar jenis ini terbilang cukup mahal, apalagi Anda mengugnakan desain dan keingingan sendiri atau disebut costum.

Pagar Natural Minimalis Modern

Pagar natural minimalis
Contoh pagar natural minimalis (image credit pinterest.com)

Jika Anda menginginkan pagar rumah dengan desain yang natural, penggunaan material dan desain adalah salah satu kuncinya.

Anda bisa menggunakan pagar dengan aksen batu alam dengan perpaduan besi dan baja ringan, tapi kekurangannya Anda harus lebih sering memberisihkan batu alam karena lebih mudah ditumbuhi lumut.

Model Pagar Kayu Konsep Natural

pagar kayu

Selain itu Anda juga bisa menggunakan pagar yang terbuat dari kayu, tapi kekurangannya kayu tidak bisa tahan terhadap perubahan cuaca extrim jadi jika pemilihan kayu tidak tepat pagar akan cepat rusak.

Pagar Minimalis dengan Gaya Monokrom

pagar monokrom

Gaya hitam putih memang tidak akan pernah mati, karena perpaduan warna netral ini menjadi pilihan sebagian pemilik rumah bergaya modern.

Pagar dengan gaya monokrom dapat dengan mudah diaplikasikan diberbagai model dan bahan pagar seperti bahan yang terbuat dari besi dan alumunium.

Tentu saja jika pagar menggunakan bahan besi, pastikan Anda memilih menggunakan cat yang sudah dilengkapi dengan cairan khusus agar tahan terhadap cuaca terik dan hujan sehingga besi tidak mudah korosi.

Pagar Kayu Berwarna Putih

pagar kayu putih

Memang penggunaan pagar berbahan kayu akan dapat menghemat biaya, tapi tentu saja Anda wajib memilih kualitas kayu yang digunakan, karena kalau salah pagar akan cepat rusak termakan cuaca.

Tipsnya gunakan cat pelapis khusus untuk dapat melindungi kayu dari paparan sinar matahari air hujan secara langsung, sehingga membuat kayu lebih tahan lama.

Jika Anda bosan dengan warna alami kayu, Anda bisa memberikan sentuhan cat berwarna putih yang akan memberikan kesan mempesona, tapi jika Anda ragu dengan warna putih Anda bisa menggantinya dengan warna broken white.

Pagar Roaster

Pagar roaster

Jika Anda ingin menggunakan pagar dengan kualitas sirkulasi udara yang baik, Anda bisa memanfaatkan material bata roaster.

Bata roster adalah partisi atau penyekat antar ruang yang memiliki fungsi utama sebagai lubang sirkulasi udara dan pencahayaan di siang hari pada sebuah ruangan.

Bukan hanya itu saja, Anda bisa menggunakan bata roaster sebagai pagar rumah, tentu bukan hanya memiliki sirkulasi udara yang baik saja, tapi model roaster saat ini sudah banyak dan dapat mempercantik tampilan depan rumah Anda.

Model Pagar Rumah Minimalis Industrial Modern

Pagar industrial

Model pagar industrial juga menjadi trend di tahun 2022 ini, model pagar industrial ini memiliki ciri dari bahan penggunaannya yang terbuat dari besi atau baja yang kuat dengan bentuk model yang sederhana.

Bahkan Anda bisa memanfaatkan model jaring untuk menciptakan pagar industrial yang kental. Selain itu pagar jenis ini akan menampilkan kesan yang kuat.

Pagar Minimalis Tanaman

pagar tanaman

Jika Anda adalah seorang yang gear merawat tanaman, Anda bisa menggunakan tanaman sebagai pagar, karena memang ada beberapa tanaman yang bisa dijadikan pagar rumah, seperti pucuk merah, boksus dan pakis.

Selain itu jangan hanya mengandalkan tanaman saja sebagai pagar, Anda bisa mengkombinasikannya dengan kayu ataupun besi agar lebih kuat.

Pagar Kaca

pagar kaca

Jika Anda ingin menampilkan desain rumah Anda seutuhnya tapi tetap ingin menggunakan pagar, Anda bisa menggunakan pagar yang terbuat dari kaca.

Tapi penggunaan kaca pada pagar akan sangat riskan dan juga membutuhkan banyak biaya. Jika menginginkannya pilihlah material kaca yang anti pecah seperti tempred glass.

Selain itu kaca lebih bagus dikombinasikan dengan bahan stenless still atau alumunium anti karat, sehingga rumah akan terlihat mewah.

Pagar Minimalis Unik

pagar minimalis unik

Jika Anda ingin menampilkan keunikan pada bagian halaman rumah, pagar adalah salah satu bagian terpenting yang menunjukan keunikan tersebut.

Anda bisa meniru desain pagar yang ada pada foto di atas, pasalnya pagar tersebut terbuat dari tembok yang dikombinasikan dengan bebatuan yang hanya di letakan dibagian jaring yang terbuat dari besi.

Pada bagian jaring tersebut dihiasi dengan tanaman bunga dengan warna-warni yang indah, sehingga kesan unik tercipta dan menjadi daya tarik dari rumah Anda.

Hal Penting Sebelum Memilih Pagar Rumah

Seperti yang sudah kami bahas, Pagar merupakan aspek paling penting dalam sebuah bangunan, selain menjaga keamanan ini juga menjadi nilai keindahan.

Jadi untuk memilih pagar rumah, Anda wajib mempertimbangkan beberapa aspek agar tampak serasi dengan rumah Anda, karena jika tidak pagar akan merusak penampilan dan nilai estetika rumah secara keseluruhan.

Lantas apasaja yang harus dipertimbangkan untuk memilih pagar rumah? Berikut adalah tips cara memilih pagar rumah yang akan membantu Anda menentukan pilihan.

Sesuaikan Desain Pagar dengan Rumah

Pertama Anda wajib banget menyesuaikan desain pagar dengan desain rumah, jika desain rumah Anda minimalis, maka desain pagar minimalis adalah pilihan yang tepat, jika rumah Anda bergaya klasik, tentu pagar juga harus menyesuaikan dengan gaya rumah Anda.

Jadi pastikan Anda memperhatikan desain dari rumah terlebih dahulu dan mulai mengaplikasikannya pada pagar yang ingin Anda buat, hal ini agar pagar dan rumah menjadi selaran dengan desain dan meningkatkan nilai estetika dari hunian tersebut.

Pertimbangkan Ukuran Pagar

Ukuran pagar juga harus dipertimbangkan secara matang, jika rumah Anda bertipe minimalis dan nampak kecil jadi Anda harus memilih ukuran pagar yang sesuai, ukuran standar pagar minimalis itu memiliki tinggi setidaknya 1,2 meter.

Tapi jika bangunan rumah besar, pagar yang lebih tinggi patut menjadi pertimbangan, karena ini akan menyeimbangkan bentuk rumah dan juga pagar sehingga masih terlihat estetik.

Pemilihan Material Pagar

Selanjutnya, Anda harus memilih material pagar yang cocok untuk rumah Anda. Biasanya pagar terbuat dari kayu, besi hollow, besi cor, batu hias, dan stainless.

Sebaiknya pilihlah bahan material yang kuat, karena kekuatan adalah pertimbangan untuk membuat pagar bisa kokoh bertahan lama.

Kebanyakan orang memilih bahan besi, karena selain kuat bahan besi bisa dikombinasikan dengan beberapa bahan lainnya seperti kayu.

Selain itu pertimbangkan juga dari sisi perawatannya, karena ada beberapa bahan yang membutuhkan perawatan extra seperti dari batu alam, Anda wajib rutin membersihkannya agar tidak ditumbuhi oleh lumut. Sedangkan pada besi masalah yang biasanya muncul adalam cepat berkatar.

Harga Pembuatan Pagar Rumah

Harga pembuatan pagar rumah pada umumnya tergantung dengan bahan dan desain pagar yang ingin dibuat.

Bahan akan menjadi pertimbangan harga pembuatan pagar rumah karena pagar rumah yang terbuat dari besi aakan lebih murah dari pagar yang terbuat dari stainless.

Selain itu bentuk desain juga akan mempengarugi harga pagar rumah, karena jika membuat pagar dengan desain yang rumit, tingkat pekerjaannya semakin sulit dan harga pagar akan menjadi lebih mahal.

Selain itu biasanya harga pembuatan pagar rumah dihitung berdasarkan meteran, jadi pihak pembuat pagar akan melakukan pengukuran luas dari lahan yang akan dipagar, kemudian dikalikan tinggi dari pagar tersebut.

Misal harga pagar besi standar punya harga Rp 500rb /meter, rumur perhitungannya adalah panjang x tinggi, misal membuat pagar dengan panjang 2,5 meter dan tinggi 1,5 meter akan menghabiskan biaya berapa.

Rincian tersebut bisa dihitung dengan cara 2,5 meter x 1,5 meter = 3,75 m2 yaitu sebagai volume pagar, untuk harga pembuatan pagar adalah 3,75 m2 x 500.000 = Rp.1.875.000.

Anda bisa mencoba menghitung dengan menyesuaikan harga pembautan dan volume pagar yang ingin dibuat.

Akhir Kata

Model pagar rumah memang bukanlah hal yang penting, yang terpenting adalah kekuatan dan fungsi dari pagar tersebut.

Tapi jika hanya mementingkan kekuatan saja, maka nilai estetik rumah juga akan berkurang karena pagar yang tidak disesuaikan dengan model dan bentuk bangunan.

Jadi alangkah lebih baik untuk mempertimbangkan kekuatan dan bentuk model dari pagar sebelum membuatnya.

Jika memerlukan jasa desain dan bangun rumah profesional, Tiperumah.id memilikinya jadi jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.