by

Mengenal Tipe dan Karakter Rumah Minimalis, Lengkap dengan Tips Membuatnya Tetap Nyaman

-Tips-128 Views

Rumah minimalis memang masih menjadi salah satu jenis properti yang banyak peminat saat ini. Tak hanya diburu oleh keluarga kecil, jenis rumah ini juga banyak dipilih pengembanglantaran memiliki prospek yang menjanjikan. Nah, apabila Anda memiliki pandangan yang sama dan ingin memiliki hunian modern ini, maka tak ada salahnya untuk lebih mengenal tipe  dan karakteristik yang dimilikinya terlebih dahulu. Agar Anda bisa memiliki rumah sesuai harapan.

Macam-Macam Tipe Rumah Minimalis Terpopuler Saat Ini

rumah minimalis

Dengan embel-embel minimalis, nyatanya jenis rumah ini bukan sekedar terkesan sederhana saja. Ada banyak hal yang ditawarkan oleh sebuah rumah minimalis yang kemudian menarik minat para calon pembeli. Kini rumah minimalis sederhana sudah semakin beragam jenisnya demi menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan penghuni. Tak heran jika belakangan Anda sedikit bingung menentukan pilihan.

Ya, dewasa ini rumah minimalis modern sudah semakin berkembang dan tersedia dalam berbagai pilihan. Beberapa tipe perumahan minimalis yang paling banyak dibeli belakangan ini dan bisa Anda jadikan sebagai referensi antara lain:

Rumah Tipe 21

tipe rumah 21

Dibanding tipe lain, mungkin rumah tipe 21 ini jadi pilihan rumah yang memiliki ukuran paling kecil. Meski begitu, nyatanya rumah ini bisa jadi pilihan ideal bagi keluarga kecil. Dengan ukuran di kisaran 3 x 7 m atau 4 x 6 m dengan luas tanah sekitar 24 meter persegi, rumah ini menawarkan 1 atau 2 kamar tidur lengkap dengan 1 kamar mandi. Tantangan jika Andamemilih rumah tipe ini adalah mengatur perabot dan layout yang harus seefisien mungkin.

Rumah Tipe 36

rumah tipe 36

Pilihan lain adalah tipe 36 yang biasanya memiliki luas tanah sekitar 60 meter persegi sampai 72 meter persegi. Bedanya dengan tipe pertama adalah biasanya rumah ini juga dilengkapi dengan halaman depan ataubelakang. Rumah tipe ini juga bisa memuat 2 kamar tidur serta 1 kamar mandi dengan ukuran yang bisa lebih luas dibanding tipe 21.  

Rumah Tipe 45

rumah tipe 45

Properti rumah dengan luas bangunan sekitar 45 meter persegi ini lebih ideal bagi keluarga kecil yang sudah memiliki 1 atau 2 anak. Dengan luas tanah yang bisa mencapai 72 meter persegi, rumah ini biasanya akan dilengkapi pula oleh teras depan atau belakang selain halnya halaman. Selain itu, carport yang didukung pun bisa semakin besar dengan ruang yang juga bisa lebih luas dibanding tipe-tipe sebelumnya.

Rumah Tipe 54

rumah tipe 54

Rumah yang biasa dibangun di atas tanah seluas 60 sampai 90 meter persegi ini biasanya memiliki halaman yang lebih luas. Halaman belakang rumah tipe ini biasanya juga dijadikan sebagai tempat bermain anak. Layout dari rumah tipe ini biasanya terdiri atas 1 ruang tamu, 2 kamar mandi, 1 ruang makan dan 1 carport.  

Rumah Tipe 60

tipe rumah 60

Rata-rata, rumah ini dibangun di atas tanah seluas 70 sampai 105 meter persegi dengan bangunan berdimensi 6 x 10 m, 8 x 7 m atau 6 x 12 m. Rumah yang bisa memuat lebih banyak kamar tidur dan kamar mandi ini juga bisa memiliki dapur dan ruang makan terpisah. Rumah minimalis 2 lantai mewah ini juga bisa menjanjikan lebih banyak ruang untuk kebutuhan harian seperti untuk menampung lebih banyak kendaraan hingga halaman untuk bermain anak yang lebih luas.

Rumah Tipe 120

rumah tipe 120

Jika Anda memiliki keluarga yang lebih besar, bisa mempertimbangkan tipe yang satu ini. Rumah tipe 120 ini dianggap sebagai rumah mewah dengan 3 atau 4 kamar tidur yang juga bisa digunakan sebagai kamar tidur tamu. Dengan karakteristik yang dimiliki, tak mengherankan jika tipe ini sering menjadi rumah minimalis modern 2 lantai yang sesuai dengan gaya hidup modern para profesional muda.

Nah, apabila tipe rumah ini Anda rasa masih kurang luas, tentu sajamasih bisa mempertimbangkan rumah tipe 135, tipe 145 atau bahkan tipe 185 yang menawarkan lebih banyak ruang untuk Anda dan keluarga. Namun tentu saja, semakin besar ukuran bangunan dan luas tanah rumah minimalis yang Anda incar, maka bisa semakin tinggi pula harga yang dibanderolkan.

Karakteristik Rumah Minimalis Modern yang Perlu Anda Ketahui

rumah minimalis modern

Selanjutnya, setelah Anda mengetahui macam-macam tipe rumah minimalis terbaru, tak ada salahnya pula untuk lebih mengenal apa saja karakteristik yang ada pada hunian masa kini tersebut. Tujuannya adalah agar Anda bisa mendapatkan rumah yang tetap aman dan nyaman untuk dihuni meskipun menggunakan konsep minimalis. Hal ini mengingat pembuatan rumah dengan konsep minimalis memang bisa cukup menantang. 

Dan apabila Anda masih merasa bingung tentang bagaimana cara membuat hunian minimalis yang simpel dan efisien, sekaligus aman dan nyaman, berikut ini karakteristik rumah minimalis modern 2021 yang bisa Anda jadikan sebagai referensi

Layout Sederhana 

layout denah rumah

Tentu saja hal utama yang paling menonjol sekaligus membedakannya dari konseprumah lainnya adalah tata ruang atau layout yang cenderung sederhana atau bahkan polos. Namun demikian kesederhanaan dalam konsep tersebut tetaplah memperhatikan aspek efisiensi. Tak heran jika kebanyakan rumah ini menggunakan ruang bertingkat, bentuk sederhana, denah lantai yang terbuka, dinding bagian dalam yang sedikit, area penyimpanan fleksibel lengkap dengan view yang leluasa.

Arsitektur Geometris

Kebanyakan rumah sederhana semakin berani dengan menggunakan bentuk geometris tegas. Ya, Anda mungkin sudah pernah menemui rumah dengan bentuk kotak kubus atau bahkan balok. Tak sedikit pula rumah sederhana ini menggunakan atap yang datartanpa banyak dekorasi dan tambahan lain yang tidak memiliki fungsi krusial.

Jendela Kaca yang Optimal

Untuk mendapatkan pandangan yang leluasa, tak heran jika kebanyakan rumah jenis ini memiliki jendela kaca yang begitu besar dan lebar. Tak sekedar memberi kesan view yang unik, penggunaan jendela semacam ini memiliki tujuan untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari. Tak terlalu bergantung pada AC atau humidifier, kelembaban udara dan pencahayaan akan lebih terbantu.

Pewarnaan Cenderung Bersih  

Untuk membuat tampilan yang elegan,maka bagian dinding dari rumah minimalis biasanya diwarnai dengan warna dominan seperti putih ataupun abu-abu. Ya, piihan warna ini dapatmemberikan kesan netral yang sekaligus mempertegas kesan sederhana, modern secara elegan. 

Eksterior Cenderung Sederhana  

Tak hanya penggunaan warna dominan yang bersih, kebanyakan pemilik rumah ini juga membuat eksterior tempat tinggalnya tetap sesederhana mungkin. Biasanya tak banyak dekorasi tambahan yang terlihat di bagian eksterior dan cenderung hanya mengandalkan kontur garis yang tegas. Adapun soal detail, umumnya pemilik hanya menggunakan material yang memiliki tekstur tertentu untuk meningkatkan estetika.

Cenderung Minim Sekat  

Konsep minimalistik yang dijadikan pedoman pun juga bisa membuat bagian dalam rumah lebih mengutamakan efisiensi. Hal ini kemudian membuat banyak rumah yang dibuat tanpabanyak penyekat atau dinding pembatas di bagian dalamnya. Ya, bagian rumah seperti sekat, pilar maupun pembatas memang dapat membuat ruang yang ada terasa makin sempit. Namun, meski ruang bersama seperti ruang keluarga, ruang makan dan dapur bisa dikelompokkan menjadi satu tempat luas, ruang pribadi tentu akan tetap dipisah.

Pilihan Furnitur Minimalis

Tak sekedar bangunan yang minimalis, aspek pilihan furnitur pun juga menganut konsep yang sama demi menunjang konsep namun tetap memperhatikan kenyamanan. Selain hanya menambahkan perabot penting, bentuk furnitur yang dipilih pun cenderung tak terlalu besar. Perabot ditambahkan berdasar fungsi dan kesamaan konsep ataupun desain.   

Interior Cenderung Bersih, Terbuka dan Terang

Dengan furnitur dan sekat ruang yang memang lebih sedikit, membuat bagian dalam rumah terkesan lebih lega. Selain itu, udara dan cahaya dari luar juga lebih mudah bersirkulasi membuat 1 rumah jadi semakin nyaman bagi penghuninya. Inilah alasannya mengapa banyak orang memilih konsep rumah minimalis untuk lahan yang terbatas. Kenyamanan tetap menjadi prioritas meksipun saat ini ketersediaan lahan menjadi semakin sulit dan tak terjangkau.

Tetap Memiliki Taman  

taman rumah

Mesipun memiliki lahan yang terbatas, kondisi ini tak menghalangi pemilik untuk bisa memiliki taman di hunian minimalis mereka. Anda bisa melihat rumah minimalis tampak depan yang tetap menampilkan taman yang ringkas namun benar-benar menghijaukan tampilan minimalis dari bangunan yang ada di baliknya. Taman biasanya ada di hadapan teras dengan rumput gajah mini, lengkap dengan bunga atau tanaman kecil. 

Jika diperhatikan lagi, arsitektur rumah minimalis 2021 lantai 1 maupun 2 semakin mengutamakan pada kesederhanaan bentuk, ruang, material, detail hingga warna. Dapat disimpulkan pula bahwa karakteristik dari rumah-rumah tersebut cenderung tidak terlalu menonjolkan aspek kemewahan. Sebuah rumah dibangun penuh estetika di atas lahan terbatas dengan bangunan yang mengutamakan efisiensi dan tetap aman dan nyaman.  

Tips Memastikan Rumah Minimalis Tetap Nyaman

tips rumah minimalis

Memiliki rumah minimalis, bukan berarti Anda harus mengorbankan kenyamanan yang biasanya ditawarkan oleh rumah tapak ataupun rumah konvensional dengan lahan yang lebih luas. Anda tetap bisa mendapatkan kenyamanan terbaik dengan menerapkan tata ruang yang optimal. Anda pun bisa mendapatkan rumah dengan tampilan menarik sekaligus hemat perabot. Namun bagaimana caranya menerapkan tata ruang yang sesuai dengan rumah Anda? 

Nah,beberapa ide yang bisa membuat rumah minimalis 1 lantai atau 2 lantai semakin nyaman di antaranya

Pemilihan Karpet

Elemen ini memang banyak digunakan untuk meningkatkan kenyamanan ruang. Karpet tak hanya sekedar membuat pijakan kaki tidak dingin, namun juga dapat menambah estetika pada ruangan. Untuk rumah dengan konsep minimalis, sebaiknya Anda memilih karpet dengan ukuran kecil sehingga tak mendominasi tampilan ruang. Selain menghindari kesan ruang yang sempit, karpet kecil dengan warna senada dengan perabot lain juga membuat ruang lebih elegan.

Pemilihan Dekorasi

Dekorasi yang diterapkan pada konsep minimalis pun tak sekedar menilai dari segi estetika saja. Dengan dimensi item yang bisa cukup besar, benda dekoratif yang dipilih pun biasanya juga menawarkan fungsi lain. Misalnya wadah estetik yang sekaligus menjadi tepat menaruh buku ataupun benda lainnya. Tidak harus memilih benda dekoratif yang kecil, pastikan saja setiap barang yang Anda masukkan memang memiliki nilai estetik dan menawarkan fungsi tambahan tertentu.

Perhatikan Fungsi Ruangan  

Untuk memastikan kenyamanan, Anda juga perlu memastikan bahwa setiap ruang yang ada, dibuat sesuai dengan fungsi dan peruntukannnya. Misalnya, untuk ruang penyimpanan barang, Anda bisa menggunakan lemari atau rak dengan ukuran tinggi untuk mendapatkan fungsi yang optimal. Dengan kata lain, meskipun terbatas pada luasnya, Anda tetap bisa merasakan manfaat maksimal seperti halnya pada rumah dengan luas yang lebih. Pastikan Anda bisa memanfaatkan setiap sudut di ruang secara optimal.

Hindari Menyekat Ruang

Untuk memberikan kesan yang lebih luas, ada baiknya Anda menekan penggunaan penyekat ruangan. Kalaupun Anda harus menggunakan sekat, pertimbangan untuk tidak membuatnya permanen. Gunakan benda yang bisa dipindah seperti lemari atau partisi untuk memilah ruang atau memberi penghalang. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan sebuah warna atau tema untuk sebuah ruang yang besar, misalnya ruang tamu, ruang makan dan dapur untuk meningkatkan kesan luas.

Pemilihan Perabot

Seperti halnya dalam penggunaan elemen dekoratif di atas, penggunaan perabotpun sebaiknya juga mempertimbangkan fungsionalitas. Anda pun bisa lebih mempertimbangkan perabot multifungsi untuk membuat setiap ruang di rumah minimalis Anda semakin optimal. Sebagai contoh, Anda memilih lemari yang memiliki banyak laci dan pintu untuk menampung lebih banyak barang. Atau Anda juga bisa memilih sofa yang bisa dibuka menjadi kasur.

Optimalkan Pencahayaan

Aspek pencahayaan juga perlu mendapat perhatian, utamanya jika Anda ingin menekan anggaran listrik untuk lampu. Untuk rumah yang berlokasi di lahan terbuka, mendapatkan cahaya matahari mungkin mudah saja dengan menambahkanlebih banyak jendela kaca. Namun untuk rumah di area perkotaan padat, Anda bisa memilih lampu sederhana dengan cahaya putih atau cenderung hangat. Anda juga bisa mempertimbangkan pemasangan lampu gantung yang juga hemat tempat.

Cenderung Gunakan Warna Cerah

Memang, soal warna adalah selera. Namun jika Anda tidak ada masalah dengan pilihan warna, tak ada salahnya untuk lebih mempertimbangkan warna-warna tema yang lebih cerah. Anda juga bisa berkesperimen dengan warna netral seperti putih, krem atau abu-abu terang untuk kombinasi dekoratif yang lebih luas. Selain itu, Anda pun bisa memilih warna merah muda, hijau muda atau biru muda untuk mendapatkan kesan tertentu dari ruangan yang ada. Selain memberi kesan lebih luas, konsep warna yang senada juga membuat kesan rumah minimalis Anda jadi semakin elegan.

Dengan menerapkan tata ruang yang baik, maka rumah minimalis 2 lantai ataupun 1 lantai yang Anda bangun akan mampu menawarkan kenyamanan tanpa kompromi. Bahkan bisa jadi lebih nyaman karena kepraktisan dan efisiensi yang ditawarkan dari konsep dan desain yang dimilikinya. Hanya saja, untuk bisa menerapkan layout optimal ini terkadang menuntut skill khusus yang mungkin tidak dimiliki oleh sembarang orang. 

Akhir Kata

rumah minimalis

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari rumah minimalis untuk hunian modern yang nyaman di atas lahan yang kini memang semakin terbatas. Dengan mengetahui tipe yang bisa dipilih, karakteristik bangunan dan tips untuk mendapatkan kenyamanan optimal melalui tata ruang, Anda pun bisa memiliki rumah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Ya, rumah memang sudah bukan lagi sekedar tempat berteduh dan tempat berlindung, namun juga menjadi tempat berkumpul bersama keluarga. Dan tak salah jika Anda menginginkan rumah yang nyaman sehingga Anda sekeluarga selalu betah di rumah.   

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.